Arsip Bulanan: Juli 2009

Bandung Panas

udah beberapa hari ini Kota Bandung dilanda terik matahari yang cukup menyengat, Panas bangeeet !!! Sengatan Matahari udah kek di Nairobi ajee *hehehe emang dah pernah ke Nairobi???* Bandung udah feels like Afrika, cuaca kayak gini emang bikin gak betah maunya tiduuuuurr mulu,beneran bikin gak produktif nih :P

selain bikin gak produktif cuaca seperti ini juga bikin kulit jadi keriiing, muka jadi kusut, bibir pecah-pecah..Bikin ga enak body

nah, buat ngatasi hal-hal tersebut..usahakan banyak minum minimal 2 botol aqua*ooppps nyebut merek eung* kemasan 1,5 liter seperti yang gue lakukan hari ini, bawa sebotol aqua gede buat ke kampus..ntar dirkosan minum maning cuy, biar kulit gue tampak segeeerr!!!

Udah ah, males blogging nih ;P

bocah petualang #old batavia never ending Jakarta

day 5

my last plan…KOTA TOEA Jakarta, berangkat pagi *heu jam 9 mah udah siang itu mah* dari terminal Blok M tinggal sekali naek pake Busway jurusan Kota, gak pake lama dapet tempat duduk di pojokan dekat kaca…Hmm, klo dipikir- pikir jakarta itu keren juga yah, cuma sayang infrastrukturnya banyak yang dirusak tangan-tangan jail, blum lagi masalah kesadaran warga yang belum sepenuhnya sadar akan pentingnya menjaga fasilitas umum..maklum lah yang sadar baru dari kalangan well educated aja selebihnya…????

sampai di terminal KOTA saya menyusuri lorong bawah tanah dari shelter Busway sampe sebrang jalan…Akh, ternyata ga perlu repot2 nyari tempat soalnya didepan saya berdiri dengan megah Museum Bank Mandiri, museum ini merupakan museum perbankan pertama di Indonesia. museum bergaya klasik yang ada di kawasan kota tua ini memberikan pengalaman menarik menembus waktu ke bank tempo dulu..disini disuguhkan berbagai macam alat-alat perbankan dtri zaman dahulu kala yang masih sangat sederhana hingga zaman sekarang yang sudah serba canggih, dapat dilihat berbagai macam koleksi buku besar..mesin hitung..berbagai koleksi uang kertas dan uang logam..ada juga ruangan bawah tanah atau bunker tempat menyimpan uang disni..pokoknya keren…selain itu bagi pelajar dan mahasiswa untuk masuk ke gedung itu nggak dipungut biaya alias gratis sama sekalai..untuk umum pun hanya dikenai biaya 1000 perak ajah..muraaah kaaaannn???

di teller jaman dulu....

di teller jaman dulu....

salah satu sudut museum

salah satu sudut museum

displa mesin-mesin uang kuno

display mesin-mesin uang kuno

tetep nampang hehehhe

tetep nampang hehehhe

setelah keliling-keliling museum bank mandiri, saya beralih ke tempat selanjutnya, kawasan kota tua..ga sampe 5 menit dengan berjalan kaki saya sudah disuguhi suatu kawasan dengan bangunan tua berdiri kokoh di area tersebut, GREAT !!! suatu kawasan sarat akan sejarah…gedung pertama yang saya masukin adalah Museum Fatahillah atau museum sejarah jakarta, ga perlu mengeluarkan kocek yang banyak hanya dengan 1000 rupiah saja saya bisa berkeliling-keliling museum dengan leluasa. di belakang museum ini terdapat suatu halaman yang menyimpan suatu meriam berukuran besar yang dulu digunakan oleh Beland, meriam ini dinamakan si Jagur konon menurut sejarah meriam ini dibawa oleh Belanda dari Malaka yang direbut dari tangan Portugis pada tahun 1614. berat meriam ini sebesar 24 pon atau sekitar 48 kg *klo gak salah*. diatas meriam ini terdapat tulisan Ex Me Ipsa Renata Sum yang artinya Saya Lahir Dari Diri Sendiri, ntah apa maksudnya saya juga gak begitu ngerti….selain itu ada juga guratan angka latin X+I+V =16 nah klo ini artinya kekuatan si Jagur berasal dari 16 meriam kecil yang dilebur menjadi satu.

museum sejarah jakarta

museum sejarah jakarta

meriam si Jagur

meriam si Jagur

prasasti Ciareuteun

prasasti Ciareuteun

prasati Padrao

prasati Padrao

di museum ini juga terdapat berbagai macam prasasti-prasasti cikal bakal munculnya kota Jakarta, diantaranya prasasti Ciareuteun, prasasti Cidanghiang, prasasti Pasir Jambu dan prasasti Pasirawi. selain itu juga terdapat prasasti Padrao yang merupakan batu peringatan sebagia bukti diadakannya perjanjian dagang Portugis dengan raja Sunda 21 Agustus 1522. Padrao ini ditemukan lagi di jalan Kali Besar Timur pada tahun 1918. selain prasasti-prasasti disini juga dipamerkan beberapa arca-arca dari peninggalan kerajaan Tarumanagara, ada juga barang-barang milik Gubernur batavia dahulu…banyak sekali informasi mengenai hal-hal tentang Jakarta disini.

setelah puas mendalami Jakarta dari masa ke masa..saatnya saya beranjak ke Museum Seni dan keramik Nasional, tempatnya tepat berada di sebelah timur museum sejarah Jakarta, sama halnya dengan museum sejarah Jakarta tiket masuk ke museum ini hanya 1000 rupiah. disini dipamerkan banyak sekali benda-benda yang mengandung nilai seni seperti lukisan lukisan berbagai macam aliran..ada juga keramik-keramik yang dahulu diperjualbelikan pedagang Tiongkok ke Indonesia. puas melihat lihat benda-benda bernilai seni disni..saya beranjak berkeliling kawasan kota toea ini..akh, ternyata ada yang hal yang bisa bikin saya jatuh cinta sama Jakarta…yup kemegahan dan keeksotisan kawasan kota toea sudah cukup memikat banyak orang termasuk saya !!!

museum keramik

museum keramik

beberapa hasil kerajinan yg dipamerkan

beberapa hasil kerajinan yg dipamerkan


empat jam saya habiskan buat berkelling-keliling kawasan ini tampaknya tidak cukup, akan tetapi karena jadwal kereta tidak bisa kompromi akhirnya gue pustuskan untuk mengakhiri ekspedisi kota tua ini sampai disini.

kawasan kota tua

kawasan kota tua

semakin tua semakin nampoooll...

semakin tua semakin nampoooll...

finishing my adventure here...

finishing my adventure here...

hmm…great 5 days, udah 5 hari saya berpetualang mencari suatu makna dan kota toea ini menjadi persinggahan yang terakhir sebelum saya kembali memulai rutinitas hidup saya di Bandung.dari kawasan kota saya lanjutkan perjalanan ke stasiun gambir dengan menggunakan busway kuarng dari sejam saya sampai di stasiun gambir dan siap-siap untuk pulang……

great adventure….!!!!

bocah petualang #jakarta

day 4

sabtu pagi kereta kertajaya mengantarkan saya sampe Jakarta,” hari ini mau nyntai aja ah”, mau ke tempat mas zaki di kebayoran..santei dulu dan plan ke kota tuanya besok aja…naek bus no 44 ga kurang dari sejam saya dah sampe di tempat mas zaki, ada tukang gorengan beli dulu beberapa buah tempe buat ganjel perut…huuhhh sesampainya disana bersih- bersih dan istirahat soalnya semalemam tidur di kereta gak enak juga cuy…!!!

zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz….slept for a while

matahari ternyata dah gak malu- malu lagi….udah menyengat, saya diajak si mas ke Plaza Semanggi ketemu ma temennya, hahahaha walopun backpackeran boleh donk jalan-jalannya ke mall ;)

saya nunggu di foodcourt sambil ngenet dan nyicip sedikit es buah……………………………………….  sllluuurrrrppp seger tenan untuk udara Jakarta yang selalu panas………………………………..

ngenet sambil makan es buah..sslluuurrrppp

ngenet sambil makan es buah..sslluuurrrppp

Hampir sejam ngenet di Foodcourt, gue diajak si mas ke Senayan City ketemuan sama ehm ehm nya…..Turun dari foodcourt ketahan sebentar sama alunan suara Jamaica Cafe, yup buat penikmat acapella tentunya dah gak asing dengan group ini, suara-suara unik yang menirukan berbagai oranamen alat musik bikin group ini megang banget buat sebuah group acapella. harmonisasi suara satu dengan yang lainnya bikin lagu-lagu yang mereka bawakan tak ada satupun yang tak enak didengar..GREAT !!!!!! dari satu lagu ke lagu lainnya akan membuat pendengar paling enggak mengoyang-goyangkan kepalanya atau bisa lebih ekstreem lagi mengoyang-goyangkan badannya

ternyata…disitu sedang ada acara green today by WWF yang salah satu acaranya adalah anti plastic bag campaign, ada juga cap jempol ijo dimana nanti cap jempol itu ditempelkan ke sebuah kertas yang merepresentasikan buat save our forest..disitu juga ada penggalangan kantong plastik buat ditukeri sama apaaa gitu *mendadak lupa* pokonya tujuannya buat mereduksi penggunaan kantong plastik (iya niiihh laju penggunaan kantong plastik makin gak terkendali sadar woi umat manusia !!!!!!!!)

jamaica cafe in da show

jamaica cafe in da show

lagi nyanyi "pada hari minggu"

lagi nyanyi "pada hari minggu"

gue diantara raksasa dan anti plastic bag campaign

gue diantara raksasa dan anti plastic bag campaign

abis beres Jamaica cafe show, kita bergegas ke Senayan City buat ketemu mbak Odith ehm ehm nya si mas zaki, begitu nyampe di Senayan City weww..gue cuma terkagum-kagum “gilee…keren banget ni mall gede segede-gedenya” ndesooo banget yah….biarain!!!! emang saya baru pertama kali nginjek Senayan City kok dan lagian emang basicly saya kan gak suka jalan- jalan ke mall…………..

senayan city ihhh gede pisaaann!!!

senayan city ihhh gede pisaaann!!!

hm…have a conversation with her for a first time, nice person dan yang paling saya suka she likes travelling too yas yes yes punya genk euy !!!!!

berjam-jam ngobrol seemed like a minute ago, udah magrib ternyata dan kita harus pulang *ga harus sih tapi berhubung cape ya pulang ajaaa*

mas zaki dan mbak odith

mas zaki dan mbak odith

mas zaki dan mabk odith

mas zaki dan mabk odith

hmmm….hari keempat saya berpetualangnya ke mall aja yah, ga apa lah sesekali hikhikhik tapi ga seru :P

sebelum tidur update status dulu ah hehehhe

sebelum tidur update status dulu ah hehehhe


besok mau ke Kota Tua aje ah….

bocah petualang #Semarang dan Lawang Sewu

masih day 3

bus melaju dari Magelang menuju Semarang…sepanjang perjalanan ternyata rasa kantuk itu mengalahkan keinginan untuk melihat scenary perjalanan Magelang-Semarang. tapi seketika bangun saya sadar klo saya masih belum berada di Semarang, ntah dimana tapi yang pasti jalanan berkelak – kelok dan hutan jati sekanan kiri…beberapa menit kemudian berubah menjadi kawasan industri yang cukup memacetkan, huh…i didnt like this kinda traffic jam membosankan !!!padahal jalanan cukup lebar tapi karena volume kendaraan cukup padat jadi laju kendaraan pun ga begitu mulus, Akh..ya sudahlah dinikmati saja perjalanannya………………………………………………………….

hamparan sawah di kota magelang

hamparan sawah di kota magelang

macet dari Bawen sampe Ungaran bener- bener bikin BT apalagi plan saya buat ke kawasan Lawang Sewu  terancam batal klo ampe jam 6 belum nyampe Semarang, soalnya saya harus ngejar kereta jam 9 menuju Jakarta, Tapi akhirnya jam 5 bus udah masuk tol dan keluar ntah dimana..feeling saya bilang klo saya harus turun disini soalnya klo ke terminal bakalan lebih jauh lagi, akhirnya saya turun dan tanya2 kalo ke arah Tugu Muda itu naek apa…..Ada seorang bapak yang nunjukin ke saya klo mau ke Lawang Sewu naik bis sampe simpang 5 trus dari situ jalan dikit…oke!!! saya mengikuti saran si bapak buat naik bus omprengan, oiya..seperjalanan menuju kawasan simpang 5 saya sempeet lewat gereja Blenduk, gereja yang berada di tengah Kota Semarang yang terkenal karena model arsitektur kunonya, klo menurut saya sih emang keren model model bangunan tua gitu, dan pantas buat dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah setempat….Gak begitu lama setelah melewati Gereja Blendug, saya sampai di kawasan simpang 5 Semarang……………………………………………………………….

kawasan simpang 5 Kota Semarang

kawasan simpang 5 Kota Semarang

setiba di simpang 5 saya pun bingung…karena menurut sumber yang saya tau Lawang Sewu itu berada di kawasan simpang 5 nah…setiba di simpang 5 bener- bener gak ngerti bukannya Lawang sewu yang saya dapet..tapi bangunan Mall, Hotel bintang 5, Pasar Swalayan, Mesjid agung…..huffhhh alamat salah nih !!!! dan memang ternyata saya salah turun, ketika saya tanya sama seorang polisi yang lagi patroli..seharusnya saya turun di simpang lima TUGU MUDA bukan di alun-alun simpang 5 nama yang sama tapi tempat yang berbeda huhuhuhuh…ga perlu buang banyak waktu saya meluncur ke simpang 5 tugu muda dengan menggunakan angkot, gak sampe 10 menit sampailah di kawasan simpang 5 tugu muda…..Yes, Finally i gotcha !!!! langsung merinding liat Lawang Sewu bangunan eksotis penuh misteri keren banget, tetap kokoh berdiri diantara bangunan moderen disekitarnya………………………………..

Tugu Muda Kota Semarang

Tugu Muda Kota Semarang

here..Lawang Sewu

here..Lawang Sewu

Lawang Sewu, sebuah cagar budaya warisan kolonial Belanda yang dimiliki Kota Semarang. dahulu pada zaman kolonial gedung ini dipakai sebagai kantor perusahaan NIS atau  Netherland-Indische Spoorweg yang merupakan cikal bakal perusahaan kereta api indonesia. setelah indonesia merdeka gedung ini dipakai untuk kantor PT kereta Api Indonesia selain itu menurut penjaga disana gedung ini juga pernah menjadi kantor dinas perhubungan Jawa tengah. Pada masa peperangan dahulu gedung ini pernah menjadi saksi bisu pertempuran lima hari di Semarang yang melibatkan Pemuda Semarang dan Tentara Jepang, entah berapa korban yang pernah disiksa bahkan dibunuh di gedung ini……………………………..

saksi sejarah perjuangan bangsa

saksi sejarah perjuangan bangsa

the great landmark............

the great landmark............

Tugu Muda peringatan pertempuran Lima Hari

Tugu Muda peringatan pertempuran Lima Hari

Lawang Sewu berarti Pintu seribu, dinamai seperti itu karena saking banyaknya pintu masuk dan jendela…walaupun menurut si mas penjaga pintu serta jendela yang ada tidak mencapai seribu buah, tapi kan gak lucu klo dinamai lawang sembilan ratus apalagi lawang delapan ratus lima puluh..huh, ga matching cuy !!!!!

tampak depan..........

tampak depan..........

bagus bagus bagus...!!!!

bagus bagus bagus...!!!!

tapi sayang dibalik kemegahan serta keeksotisan Lawang Sewu, bangunan ini kerap diidentikan dengan kekuatan mistis yang ada di dalamnya *atulaaaahh it’s 2009 !!!* walopun memang begitu saya masuk di pelataran lawang sewu aroma mistis kuat banget…apalagi di daerah halaman belakang, beberapa kali saya take some picture hasilnya blurr terus padahal udah di setting berbagai mode…emang dasar ga beruntung aja :P trus saking penasarannya sayatadinya mau masuk ke halaman belakang berhubung sedang gak bisa masuk kedalam gedung karena alasan lagi ada pemugaran gedung jadinya nekat take some pictures dari halaman belakang aja..tapi tiba2 saya diteriakin si mas penjaga klo saya gak boleh kesana he didint say the reason what…huhhh..padahal kan i just tried to be nice with it’s “keepers” hehehehhe yasudahlah saya turutin aja si mas daripada saya knapa-napa kan repot..single backpacker gitu loch hehehehe :D

bangunan yang konon banyak "penghuninya"

bangunan yang konon banyak "penghuninya"

however, apapun yang terjadi keeksotisan bangunan tua ini tetap menjadi primadona buat wisata Kota Semarang dan seharusnya pemeritah setempat melindungi kawsan ini agar tetap dipertahannkan sebagai aset cagar budaya…canggih kan gue..???

national heritage..harus dilestarikan!!!!

national heritage..harus dilestarikan!!!!

memang gak banyak waktu di Semarang (huuh kemacetan itu bikin my plan gagal :( ) yasudahlah yang penting tujuan utamanya tercapai..yup Lawang Sewu my exotis ones…..tadinya sih pengen ke kuil Sam Poo Ko juga, tapi mengingat langit udah hitam dan ngerjar kereta jam 9 ke jakarta cuma sempet took some pictures di daerah Simpang 5 Tugu Muda, maybe someday i’m gonna back again ;)

Semaraaannng...i'm gonna back again !!!

Semaraaannng...i'm gonna back again !!!

ga jauh dari Kawasan Tugu Muda gue pake angkot ke Stasiun Poncol Semarang hanya dengan membayar 2000 perak saya dah sampe di Stasiun Poncol, hm…loket tiket blom dibuka masih cukup waktu buat nyari masjid *di Poncol kok gue gak nemu mushola yah…* disekitar stasiun, setelah sholat dan menyegarkan wajah saya balik ke stasiun buat beli tiket, gak lama kemudian loket dibuka dan segera pesen tiket tujuan Pasar Senen Jakarta…..

huh…..tiga hari yang menyenangkan berada di daerah Jawa Tengah berpetualang, mengembara, nyikreuh (bahasa apa ini) pokonya seru laaahh..menyusun itenarary berikutnya di jakarta langsung tersirat KOTA TOEA….yup saya akan mengakhiri acara petualangan kali ini di KOTA TOEA Jakarta

hm…jam 9 lewat 20 kereta apai Kertajaya masuk stasiun Poncol, dan 10 menit kemudian kereta melaju meninggalkan Semarang menuju jakarta, dah ah…tidur aja yu, recovery my energy yang abis dipake seharian huuhuhu…..selamat jalan Semarang, selamat datang Jakarta !!!!!!!

zzzzzzzzzzzzzzzzzzz………

bocah petualang #magelang and it’s journey to Borobudur

day 3

huffhh…serasa baru sejam yang lalu saya memejamkan mata, kemaren cukup melelahkan juga ….. Akh, harus cepet-cepet bergegas ke magelang..it’s friday when time is so short,  ga pake lama mandi beres beres then check out dari losmen ……………………..

pagi ini siap2 trip to magelang tujuan utamanya sih ke borobudur, karena BUTA angkot jogja as usual pake Trans jogja aja biar aman..walopun muter-muter sih…setelah hampir 30 menit saya nyampe juga di terminal Jombor, bingung mau naek bus mana tapi ga lama kemudian ada yang tereak “Budur..Budur..Budur…” oh…ga perlu nanya- nanya langsung tau bus mana yang harus dinaikin…i used a small bus which i sat beside bule..OMG seketika itu juga langsung inget flu babi daaan untungnya saya pake my beloved bandana hihihihi multifungsi juga yah, saya pake my beloved bandana buat jadi masker pelindung anti flu babi huehehehe…………………………………………..

hm..ga enak juga sama si bule i tried to be nice….saya sapa dia dan nanya mau kmana *pastinya mau ke borobudur juga lah * ngobrol- ngobrol beberapa lama then i know him, namanya Robert dia orang Prancis, He came to Borobudur with his 4 friends Anthony, Jaquiline, Maria and Anna…Jogja was his 3rd destination after Bali and Lombok, and after being around Jogja he was going to Bunaken, Manado…wow whadda great Traveller…suka deh !!!!!

percakapan sama si bule diakhiri di terminal Budur, bukannya gak mau bareng tapi klo bareng mah mereka pasti bakal take a long time….walopun agak dikejar waktu tapi saya berusaha buat bikin waktunya seefektif mungkin soalnya jam di handphone saya dah menunjuk angka 10.30…artinya maksimal jam 11.30 saya harus udah out dari area candi Borobudur…syukurlah antrean tiket ga panjang…i took some pictures there bagus banget, dan hm..sometimes i felt so proud being indonesian… we have one of seven wonder we should be proud actually………………………………………………….

welcome to borobudur...

welcome to borobudur...

main stupa a.k.a stupa induk

main stupa a.k.a stupa induk

memandangmu..........

memandangmu..........

seven wonders..Great !!!!

seven wonders..Great !!!!

after taking some pictures, enjoying beautiful scenary and also  walking around them i went for Jumatan, Alhamdulillah ternyata masjidnya gak jauh jauh banget tepat sebelah pintu masuk buat foreign tourist, Alhamdulillah masih bisa dikasih kesempatan buat solat Jumat walaupun dalam kondisi darurat :)

petualangnya mau jumatan dulu....

petualangnya mau jumatan dulu....

abis solat jumat, siap- siap menuju lokasi berikutnya Semarang !!! tapi sebelumnya mau ngisi energi dulu….cari cari tempat makan di sekitaran borobudur hm… saya liat warung mie ayam yang lumayan menggoda selera nih…nice try !!! makan mie ayam……………………………………………..

uenaaaakk tenaaan...

uenaaaakk tenaaan...

mau sedikit cerita tentang mie ayam, mie ayam di sini mempunyai texture mie yang lebih kecil dibandingkan mie ayam yang ada di bandung ataupun mie ayam- mie ayam yang pernah saya coba, dan yang bikin saya  senang adalah porsinya banyaaaaakkk dan juga harganya yang sangat bersahabat untuk seporsi mie ayam yang sangat banyak dihargai 3500 saja dan untuk segelas es teh manis yang menyegarkan dari terik matahari cukup merogoh kocek 1000 rupiah sajah.. jadi total uang yang harus saya bayar untuk sebuah makan siang yang sangat mengeyangkan dan sangat nikmat itu hanya sebesar 4500 saja *murah kaaannn??? murah tauuuuuuuuuuuuuuu!!!!! *

huaaaahhhh

huaaaahhhh

Alhamdulillah..kenyaaang

Alhamdulillah..kenyaaang


setelah kenyang makan, lanjut ke terminal menuju Semarang…tapi sebelum menuju semarang saya harus pake bus ke Magelang dulu,ditemani beberapa murid SMP yang baru kelar sekolah bus melaju meninggalkan terminal Borobudur. Dengan mengeluarkan kocek 5000 saja saya diantar sampe terminal Magelang, by the way selama di perjalanan menuju Magelang pemandangannya cukup bagus….hamparan sawah yang luas dan gunung merbabu yang menjulang tinggi serta gunung merapi dari kejauhan menemani perjalanan sampai di Kota Magelang…………………..

salah satu sudut kota Magelang

salah satu sudut kota Magelang

next Semarang i’m coming………………………..

Borobudur Great Temple ………..

bocah petualang #jogja part 2

day 2

bangun pagi- pagi, hari ini mau pergi ke pantai baron dan kukup di  selatan kota yogyakarta. kali ini saya melewati rute terminal giwangan hanya 25 menit dengan menggunanakan Trans Jogja dengan membayar 3000 saja kita langsung sampai terminal Giwangan untuk selanjutnya pake bus menuju Wonosari. setelah nyampe bayar retribusi terminal yang cuma 200 perak iya 200 bukan 2000 !!!! happ..gak nyampe 15 menit bus udah bisa melaju (gak pake ngetem lama lhoo…suka deh!!!) bus langsung melaju dengan kecepatan penuh..ngebut bo! tapi seru…sampai di suatu persimpangan bus akhirnya ngetem juga tapi gak lama kok..beberapa menit kemudian bus melaju lagi cuma gak begitu ngebut soalnya jalanannya nanjak..Gak ada pemandangan yang istimewa di perjalanan soalnya seatau saya dari berbagai sumber klo memang di kabupaten Gunung Kidul itu keadaanya kering dan memang seperti yang saya liat..nothing special scenary cuma ada pohon-pohon yang meranggas, tanah-tanah berbatu dan kering..1, 5 jam di perjalanan akhirnya saya nyampe juga di terminal bus Wonosari, dari situ saya lanjutin perjalanan pake bus yang lebih kecil ke pantai Baron..ga perlu nunggu lama karna begitu saya naik, bis langsung melaju..aahh beneran bosen dengan dry scenary ga ada yang bisa diliat selain itu juga jalannya kosooooooonnng banget serasa jalan milik pribadi donk, cuma ada 1-2 motor yang lewat dan sesekali papasan sama mobil lain itu pun hampir 10 menit-an alhasil saya tertidur dengan nikmat dalam bis…perjalanan selama 30 menit itu saya bayar dengan harga 7000 saja dan saya tiba di pantai Baron dengan selamat……………………..

di bus menuju Wonosari

di bus menuju Wonosari

pantai Baron dan Kukup, anyone knows???? buat sebagian orang sih saya yakin pernah denger apalagi buat para backpacker pastilah seenggaknya pernah denger pantai Baron dan Kukup di selatan yogyakarta ini. Tapi buat sebagian lagi mungkin asing dengan nama kedua pantai ini, karena ditelinga masyarakat awam yogyakarta hanya mempunyai satu pantai yang terkenal yaitu pantai Parangtritis, memang tidak salah..akan tetapi selain Parangtritis ternyata Yogyakarta punya pantai yang aje gileee bagus bener cuy !!!! tepatnya Kabupaten Gunung Kidul, ada lima gugusan pantai disini dua diantaranya Pantai Baron dan Kukup *kebetulan gue hanya menyempatkan berkunjung ke kedua pantai itu aja selebihnya mingkin next time hehehehhe* berbekal dari rekomendasi temen backpacker saya sempatkan menuju dua pantai ini, dan setelah saya datangi memang tidak salah..dua pantai ini sungguh jauh berbeda jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, pasir di kedua pantai ini jauh lebih putih daripada di Parangtritis..pantai Baron mempunyai garis pantai yang lebih sempit dibandingkan pantai Kukup akan tetapi di pantai Baron lebih banyak mempunyai bukit-bukit yang klo kita liat laut dari atas bukit maka akan langsung terhampar luasnya pantai selatan jawa kereeeeeeeeeeeeeeennnn banget lah four thumbs up!!!!! sedangkan pantai Kukup gak terlalu jauh dari pantai Baron hanya perlu menyusuri bukit- bukit selama kurang lebih 20 menit maka sampailah di pantai Kukup..Pantai Kukup mempunyai garis pantai yang lebih panjang daripada pantai Baron, pasirnya putih plus batu-batu karang yang ternyta banyak biota laut yang malu- malu buat ketemu hohohohoho..selain itu pemandangan lebih menakjubkan lagi dengan dahsyatnya deburan ombak pantai selatan…di pantai kukup juga ada sebuah batu karang besar dimana di batu karang itu dibuat semacam gazeboo trus dihubungkan dengan bukit seberangnya jadi kita bisa nongkrong-nongkrong di gazeebo itu sambil liat hamparan pantai selatan…dan jika mau membandingkan kedua pantai yang saya kunjungi, mungkin gue bisa kasih nilai 65 buat Kukup dan 35 buat Baron..tapi over all dua pantai ini kereeeeen banget lah…buat siapapun yang ke Yogyakarta ayolaaahh Parangtritis mah it’s so last year..saatnya kenali Pantai Baron dan Kukup dan ketiga temannya !!!!! *saya jadi promosi gini yah*

Pantai Baron

Pantai Baron

pose di pantai Baron

pose di pantai Baron

berada di pantai itu serasa raja di pantai sendiri, hihihihi gimana nggak, di pantai-pantai itu cuma ada saya seorang diri noone there…sepiiiiiiiiiiiii banget *atau ga tau karena itu hari kamis malem jum’at yah hiiii* tapi enjoy aja cuy…saatnya bersenang- senang kapan lagi punya pantai yang isinya cuman saya doank !!!

terpikir sejenak…merenungi Kebesaran-Nya, hanya bisa berucap Subhanallah…………………………!!!!!!!

pantai Kukup from above

pantai Kukup from above

pantai Kukup Tanah Lot-nya Jogja

pantai Kukup Tanah Lot-nya Jogja

setelah kenyang bersenang senang dan makan siang beberapa buah biskuit berkalori tinggi sayapun cabut dan tak lupa berpamitan, semoga saya bisa berkesempatan datang lagi kesini !!!!

melihat lebih luas....

melihat lebih luas....

makan siang gue...air mineral dan biskuit tinggi kalori...

makan siang gue...air mineral dan biskuit tinggi kalori...

merenungi kebesaran-Nya

merenungi kebesaran-Nya

balik dari Pantai Kukup berjalan kaki sampai ke shelter bus di pantai Baron, tapi klai ini saya melewati jalan raya bukan melewati bukit yang tadi saya daki, ah..pantai ini memang masih perawan..hanya ada temapat pelelangan ikan yang itupun sepi..hanya ada beberapa buah warung yang itupun tutup..hanya ada sebuah penginapan berharga 20rb/malam…dan hanya ada satu dua orang yang berjalan memanggul kayu bakar…jalan pulang ke shelter bus itu cukup melelahkan selain jalannya yang najak, gersang serta terik matahari bikin saya ngeri *aw aw aw kulit gue iteeeeeemmmm* setelah perjuangan selama 20 menit saya akhirnya sampe di shelter bus panta Baron…OMG beneran sepiiiiiiii….baru saya seorang diri yang nunggu bus buat balik ke Wonosari, trus ada mas-mas kernet nanya………………………………..

mas kernet :dewean bae mas  *sendirian aja mas* ??

saya : ngggih *iya karna hanya itu saja yang saya tau ckckckkc*

mas kernet : bentar lagi ya mas….

saya : hanya mengangguk sebagai tanda setuju untuk menunggu beberapa menit lagi

15 menit kemudian akhirnya bus meluncur dengan seorang penumpang yang tampan berada di dalamnya *hoeeeeeeekkkkkkkkk* tapi gak begitu lama naik lah ke dlaam bis itu seorang ibu (horray..masih tetep paling ganteng donk  hehehe) tapi gak begitu lama setelah si ibu naik bus, ternyata kita di pindah ke bus lain dan disinilah malapetaka itu terjadi…seumur hidup saya mengalami ngetem bus terlama sepanjang hayat!!!bayangkan saya dan beberapa penumpang lainnya harus menunggu bus itu ngetem selama 2 jam!!! yup, ngetemnya 2 jam !!!!! akh, beneran bikin saya ngomel-ngomel..cant stand waiting dude !!!! hmm..emang nasib harus ngetem selama itu ya sudahlah sayapun ga bisa berbuat banyak toh ga ada bus lain selain itu..!!! setelah dua jam nunggu akhirnya bus itu berangkat, kurang dari 30 menit saya dah nyampe di perempatan tempat bus menuju yogyakarta mangkal..syukurlah bus udah agak penuh dan ketika saya naik, bus langsung tancap gas *huuffhh gak perlu nunggu lama kan* cuaca di Gunung Kidul panas banget dan ga bisa bikin saya gak tidur…saya pun akhirnya tertidur, tapi samar-samar tedengar musisi jalanan lagi nyanyi lagu jawa, sumpah suaranya enak bangeeeeeetttt, mereka nyanyi lagi “lir ilir” diteruskan sama pantun..saya emang ga ngerti soalnya mereka pake boso jowo gitu, tapi ada beberapa yang saya paham artinya jadi gini katanya “paling enak jadi gadis cantik, kemana2 diliatin sama pria, tapi paling kasian jadi gadis cantik, klo dikawinin sama orang melayu” wakakkaka jadi inget si manohara :P

gak kerasa sejam berlalu saya udah nyampe lagi di kota yogyakarta, perjalanan pulang emang gak banyak menyita waktu mengingat jalannya yang menurun……………………………………………………………….

begitu sampai di terminal giwangan saya bingung, karena 2 jam bus ngetem tadi bikin plan saya berantakan..rencananya tadi nyampe yogya itu jam 1-an jadi saya bisa langsung cabut ke kaliurang, mau liat gunung merapi..tapi sial saya baru nyampe yogya lagi jam setengah 4 ga mungkin saya ngejar ke kaliurang mengingat dan menimbang it would take a long time…yasudah saya akhirnya memutuskan untuk ke malioboro ajah, stay di yogya 1 malem lagi………………………….

nyampe di malioboro, sholat di kantor gubernuran *sholatnya di jamak gpp kan hihihihi* rebahan bentar di masjid..adeemm bener dingin- dingin menyejukan cukup membuat kepala dan hati saya relaxing for a while………………

hari udah mulai sore, walopun gak dengan jelas liat merapi di kaliurang, seenggaknya bisa motret gunung merapi dari kejauhan…lumayan bagus kok, langit dah mulai gelap dari kampus UGM saya lanjutkan perjalanan ke candi prambanan berharap masih bisa masuk bisa take some pictures.. dengan menggunnakan Trans Jogja sekitar sejam akhirnya nyampe di shelter prambanan…nyebrang sampailah di kompleks candi prambanan heu, tapi saya bingung masuknya dari mana…soalnya kompleksnya gede banget, gue berjalan terus ke arah timur akhirnya ketemu di gerbang satpam..sempet nanya kemana pintu masuknya mereka nunjukin di sebelah timur lagi..whaaatt sayapun menyusuri gerbang ke arah timur dan sampai juga saya di Klaten, jawa tengah *edaaass berjalan lintas propinsi gini* masih belum nemu gerbang masuknya, ah saya terburu-buru daripada nyusur gak ketemu-ketemu saya loncat pager ajah…dan saya pun nyampe di pelataran parkir, huufffffhh..area parkiran sepiiii banget toko- toko souvenir juga dah pada tutup..bengong clingak clinguk…duh masuk ke area candinya lewat mana yah ???? nyusurin pager masuk area candi..yap i gotcha !!! ada loket masuknya..tapi aje gilee udah tutup cuy !!!! dah gak bisa masuk………………….!

sayapun gak kehabisan akal…hm, area sepi nih pun klo saya manjat pager gak bakalan ketauan, hihihihi niat jahat saya buat manjat pager buat masuk area candipun keluar, tapiiiiiii wait !!!!uadah hampir jam 8 sedangkan Trans Jogja abis jam 9 dan buat jalan nyampe shelter prambanan butuh waktu 20 menit, akh..niat jelek itupun akhirnya saya urungkan…saya memilih buat balik aja…..agak nyesel juga sih gak bisa take some pictures prambanan *huhuhu padahal kan dan di plan*

balik ke shelter prambanan………………..

nunggu bus di shelter, lamaaaa banget padahal bus udah numpuk, tapi gak ada yang narikk penumpang…maklum udah malem kali yah penumpangnya cuma dikit……heuheuhu, sambil nunggu make a plan ajah buat malem ini…………………………………………………….

balik ke losmen…..bebersih bentar sambil charging kamera dan handphone bentaran doank…langsung meluncur ke kawasan malioboro, take some nice pictures, yogya in the night keren juga yah…take some pictures of gedung Bank  Indonesia, Bank BNI, Benteng Vredeburg, Kantor Pos, Alun-alun Utara Jogja, Pasar Beringhardjo and of course Jalan Malioboro…………………………..

night at Pasar Beringhardjo

night at Pasar Beringhardjo

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

great architecture of Bank Indonesia

great architecture of Bank Indonesia

alun-alun utara kota jogjakarta

alun-alun utara kota jogjakarta

salah satu sudut kota jogjakarta

salah satu sudut kota jogjakarta

setelah take some picture the camera was off jadi aja mau gak mau balik ke losmen selain karena saya  juga lumayan cape dan perlu energi buta perjalan besok ke magelang, oh iya sebelum balik ke hotel isi perut dulu sama sepiring nasi gudeng jogja uenaakk’e tenan murah pula ditambah segelas teh manis panas, slllluuurrrrrrppppppp…………………………….

hari yang melelahkan, tapi seruuu….Alhamdulillah telah diberikan kesempatan menikmati untuk menikmati hidup, hari itu saya tutup dengan memejamkan mata dan berharap besok akan mengalami petualang seru lainnya, have a nice dream zzzzzzzzzzzzzzzzzzz………………………………………………………….

ah, makin cinta ma jogja……

bocah petualang #jogja part 1

day 1

berangkat dari bandung jam 7 malem, alhamdulillah saya tiba dengan selamat di stasiun tugu jogjakarta pagi hari. setelah turun dari kereta segera saya cari mushola terdekat dan langsung menunaikan sholat shubuh dan berharap menemukan terminal buat nge-charge hape saya yang drop-dropan akhir akhir ini. ya ampuuuuun ternyata it’s indonesia jangankan makan-minum-boker-pipis ngecharge HAPE aja bayar whatdeheeeeellll….!!!!

mentari pagi menyambut kedatanganku di Jogjakarta

mentari pagi menyambut kedatanganku di Jogjakarta

welcome to Jogjakarta

welcome to Jogjakarta

setelah sholat saya langsung keluar stasiun dan rencananya sih mau foto2 dideket tugu jogjakarta yang emang ga jauh dari stasiun tugu *that’s why dikasih nama stasiun tugu* tapi sayangnya saya malah keluar via pintu selatan alhasil saya gak nemu tugu jogjakarta tapi it’s ok karna begitu keluar pintu selatan saya ga perlu jauh-jauh buat nyari jalan malioboro karna begitu keluar saya udah berhadapan langsung dengan jalan malioboro…ga nunggu beberapa lama saya meluncur kesana buat nyari penginapan..dan saya pun dapet penginapan yang yaaah lumayan murah only 50 rebu huhuuhu..setelah mandi bebersih dandan*wakakakkaka mau nyari cewek jogja :P * saya langsung meluncur ke tujuan saya yaitu KERATON kasultanan jogjakarta, oh iya saya juga disini kenalan sama orang yang kebetulan single backpacker juga ya wis lah itung2 hemat buat ngasih tips ke guide kraton saya keliling bareng dia..oalaaahh teryata setelah saya keliling-keliling kraton saya dibuat takjub sekaligus bangga jadi bagian dari indonesia, banyak banget ternyata yang selama ini gak saya ketahui tentang keraton..apa itu siti hinggil (artinya tanah tinggi bangunan keraton yang dibuat beberapa meter diatas tanah alun-alun, trus ada lagi museum-museum tempat para pusaka-pusaka disimpen, masjid bawah tanah, taman sari (tempat raja sama permaisuri dan selir-selirnya mandi hihihi ih wowww) dan masih banyak lagi lah..selain itu saya dibawa keliling-keliling ke rumah para abdi dalem, nah ada yang unik disini..jadi di lingkungan keraton ini ada perumahan abdi dalem, yaitu orang-orang yang mengabdi pada keraton mereka ini tidak digaji akan tetapi mereka ini diberikan tempat tinggal berupa petak-petak tanah disekeliling keraton, ada syarat dan ketentuan yang berlaku disini yaitu rumah para abdi dalem ini boleh dibangun sebagus mungkin akan tetapi tidak boleh bertingkat karena katanya tidak boleh melebihi ketinggian bangunan keraton *secara kasar sih simbol penghormatan terhadap keluarga keraton*

siti hinggil

siti hinggil

IMG_2975

oh iya…setelah beberapa taun terakhir saya kesini dulu belum ada restoran di dalem keraton, nah kemaren ternyata ada sebuah restoran di dalem keraton *katanya sih yang punyanya Gusti Pembayun anak sultan yang pertama* namanya Bale Raos menu menu yang dihidangkan beda sama restoran restoran di luar soalnya masakan disini adalah masakan yang disenangi oleh sultan dan secara gak langsung saya makan makanan yang biasa dimakan sultan donk hehehhehe berasa jadi raja :P saya mesen namanya nasi langgi semacam nasi kuning plus orek tempe plus telor dadar plus daging sapi plus keripik kentang plus lalapan dan saya harus merogoh kocek sebesar 25 rebu ditambah minuman air asem jawa yang harganya 12 rb hiihihihi mahal sih buat ukuran saya *secara backpacker gitu looch*..tapi ga apalah kan ga tiap hari lagian it was an extraordinary food gitu :D

perut kenyang hati senaaang, masih ditemenin sama my newfriend dan si mbak sinta guide yang bodor *dan ternyata dia guide gadungan alias bukan abdi dalem dan lebih heboh lagi dia itu orang bandung euy* kita ke taman sari, nah itu tuh suatu tempat/ komplek pemandian raja, permaisuri dan selir-selirnya, ada tiga kolam renang disana..kolam raja misah dari kolam yang lainnya dipisahin sama bangunan bertingkat, nah ntar si raja bakal lempar bunga dari pucak bangunan itu ke kolam selir-selirnya..ntar siapa yang dapet bunga yang dilempar raja dia yang bakal mandi bareng raja *wuiiihhh mau donk dilempar bunga, tapi bunga bank hehehhehe* nah dari situ kita segera menuju ke masjid bawah tanah, letaknya emang di bawah permukaan tanah trus konon di situ ada sebuah terowongan yang langsung menghubungkan ke pantai selatan wiuuuuhhh canggih gan!!! oh iya FYI, di sini tempat imamnya ga setinggi biasanya, soalnya orang jaman dulu solatnya sambil sila dan meditasi, maklum masih akulturasi budaya islam-hindu…

after walking around the palace, we used becak to malioboro street..ah, malioboro tetep sama ajah, ga banyak berubah semakin padat..semakin sumpek..dan semakin banyak orang lalu lalang. ga tau juga mau ngapain di malioboro, saya dan my new friend sholat di kantor gubernuran jogjakarta..mesjidnya bagus, unik jaman-jaman beheula gimanaaa gituh..setelah solat pengen ngadem nih, saya pergi ke McD (boleh donk backpackeran gaya dikit) beli ice blue float..maknyoshh adeemm beneeeerr…capeeeeek abis jalan jalan pake kaki saya balik ke penginapan daaaannn ngenet dulu bentar trus istirahat soalnya malem-malemnya mau ngelayap hihihihih

becaak, transportasi murah meriah di jogja

becaak, transportasi murah meriah di jogja

salah satu sudut malioboro

salah satu sudut malioboro

malem-malem di jogja ternyata rame yah..tapi sayang angkotnya cuma ampe jam 8an doank…dan saya malam itu mau ke airport adisucipto nganter my new friend mbak Ambar yang balik ke Jakrta, balik dari airport sempet2in dulu foto2 daerah situ..ada galery saptohoedojo ntah galeri apa itu yang pasti itu tempat2 kesenian lah…baik dari situ bingung karena gak ada angkot, alhasil ya wis dengan sangat terpaksa saya naek taksi ke penginapan..wah udah agak2 geder juga liat argo heheh maklum bawa duitnya pas-pasan tapi syukurlah ternyata harga taksi disana masih lebih beradab daripada di bandung atau di jakarta..cuma merogoh kocek 20 rebu saya dah bisa dianter dari bandara adisucipto ampe ke penginapan :)

abis dari bandara, nongkrong dulu di galeri saptohudojo

abis dari bandara, nongkrong dulu di galeri saptohudojo

malem itu gue istirahat dengan tenang soalnya besok harinya aya bakal ke pantai kukup dan baron di daerah gunung kidul..74 KM arah selatan dari kota jogjakarta…

jogja i’m in love..!!!

insomnia..how to avoid it?

insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mempunyai kesulitan untuk tidur. kondisi ini biasanya diakibatkan oleh permasalahan psikologis. insomnia dapat menyerang siapa saja bahkan anak kecil sekalipun, akan tetapi kemungkinan mengalami insomnia akan semakin besar seiring dengan pertambahan usia.

ada beberapa tips untuk mengatasi insomnia ini diantaranya :

olah raga secara teratur…dengan berolahraga tubuh akan menjadi bugar dan dapat melawan stress yang mengkakibatkan insomnia

minum susu sebelum tidur…minum susu dapat membuat cepat mengantuk

hindari konsumsi obat-obatan….obat2an dapat menstimulus ketergantungan sehingga akan  berakibat sulit tidur jika tidak mengonsumsi obat-obatan tersebut

rileks sebelum tidur…cara ini bisa dilakukan denngan cara mendengarkan musik instrumental, atau meditasi sebelum tidur…

jika tips diatas tidak mempan, segera hubungi dokter terdekat :D

insomnia…jauh deh !!!