flu babi…

hmm..setelah beberapa taun kemarin burung yang kena flu, sekarang giliran babi yang kena flu…jangan2 karna dia bolot lagi *cerita si pak Loka tentang babi bolot..terbatas untuk kalangan tertentu hiks* wwaah, penyakit sekarang dah aneh2 yah..mungkin masih inget waktu wabah SARS..trus Avian Influenza..sekarang Swine Influenza..besok mungkin Buffalo Influenza..atau  Goat Influenza *maksud loe flu kambing??? jangan donk…ntar abang2 tukang kambing kurban gak laku!!*

jadi menurut : indonesianmedical.blogspot.com (gue gak asal bacot)

Swine Flu (Flu Babi) merupakan penyakit flu pada babi yang sebenarnya sudah umum terjadi. Kalau pada flu burung, virus influenza penyebabnya adalah tipe H5N1, nah..pada flu babi penyebab terbanyaknya adalah tipe H1N1, beberapa yang lain adalah H1N2, H3N1 dan H3N2. Sebenarnya, di Babi sih biasa-biasa aja, karena virus ini sering menyerang babi, dan hampir setiap tahun babi-babi menderita penyakit ini, terutama pada musim dingin. Masalahnya sekarang, virus tersebut telah bermutasi. Kenapa bisa mutasi? karena babi dalam periode yang sama dapat menderita beberapa jenis flu sekaligus dengan tipe virus influenza yang berbeda-beda. Bahkan virus influenza yang menyerang manusiapun dapat menyerang babi. Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya mutasi. Mutasi virus ini sekarang berkembang menjadi virus yang dapat menular ke manusia, sehingga sekarang manusia dapat menderita flu babi, celakanya lagi, manusia belum punya kekebalan terhadap virus ini, sehingga reaksinya dalam tubuh manusia dapat sangat berat dan dapat mengakibatkan kematian. Tambah celakanya lagi, Swine flu ini dapat menular dari Manusia ke Manusia (human to human transmission) sehingga tinggi risiko terjadinya epidemi bahkan pandemi. WHO sendiri telah menaikkan level siaga dari level 4 menjadi level 6, karena telah ditemukan kasus lintas negara. Pemerintah Meksiko telah membatalkan beberapa pertandingan Sepak Bola, dan telah meliburkan sekolah-sekolah karena adanya outbreak dari Swine flu ini. Negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang pertama kali mengkonfirmasi adanya kasus Swine flu di negaranya adalah New Zealand. Bagaimana dengan Indonesia? adakah kasus Swine flu di negara kita? jangan samapai kita kecolongan lagi seperti kasus Flu burung tahun lalu.

(mudah2an sih nggak..dan JANGAN SAMPE DEH..*ihhh..untung gue ga doyan babi..Lagian emang haram nyonk!!*)

tapi ternyata menurut sumber yang sama (sumbernya shohih..iya lah wong dokter) penularan virus ini ternyata bukan dengan makan dagingnya *tidak..marisol..itu tidak benar*  tapi justru penularannya lewat kontak sama sang babi ini malah mediumnya bisa dari udara…AAARrrrrrGGGHHH jauh2 deh ama babi geli gue…!!! gejala awal yang timbul katanya sih (gue belom pernah ngalamin daaaan jangan sampe) diantaranya sama aja kayak flu-flu biasatapinya  lebih berat dan sering menyebabkan Pneumonia (radang paru) pada manusia sehingga tingkat kematian tinggi.

sumpah, gue gak suka babiiiii !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s