facebook haram?????

lagi santer santernya berita tentang FATWA HARAM FACEBOOK…gue juga ngutip dari kompas yang gini katanya :

Facebook Haram?
Minggu, 24 Mei 2009 | 08:19 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Prof H Asywadie Syukur Lc berpendapat, keberadaan Facebook (salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya) bisa haram dan tidak.

Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin itu nampaknya berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mengenai Facebook yang belakangan ramai menjadi pembicaraan di berbagai kalangan di Indonesia, demikian dilaporkan, Minggu (24/4).

“Kita tidak bisa memfatwakan Facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya,” kata alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir itu.

Guru Besar IAIN Antasari tersebut mengingatkan tuntutan agama Islam, yang antara lain menyatakan, segala sesuatu tergantung atau bermula dari niat orang itu.

Sebagai contoh, pemanfaatan Facebook dalam rangka berkomunikasi guna menggali atau tukar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, hal itu tidak bisa dibilang haram.

Namun, bila pemanfaatan Facebook untuk berkomunikasi dalam hal-hal yang terlarang, baik secara hukum positif di Indonesia, maupun menurut norma-norma Islam, maka penggunaan sarana tersebut bisa dikategorikan haram.

“Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya, tapi sebaliknya, bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam melakukan perbuatan jahat, maka hukum Islam pun tak membolehkan,” ujarnya.

“Jadi kalau saya pribadi melihat kedudukan Facebook itu haram atau tidak, maka akan kita lihat dari segi manfaat dan mudarat. Kalau manfaatnya lebih besar untuk kebajikan atau kemaslahatan umat, maka pemanfaatan Facebook bagi kaum Muslim boleh-boleh saja. Tapi sebaliknya jika negatif, maka itu haram,” ungkap Asywadie Syukur.

hm..haree genee gitu yah, beda haram ama halal tipis banget, kemaren-kemaren masih lekat banget tentang Fatwa haram rokok..tapinya tapinya masih banyak aja tuh yang ngerokok seenak udel pula..bahkan bapak2 (maap) yang kerjaannya di MUI yang notabene ngurusin masalah halal haram masih aja tuh ngisep mah ngiseppp *ngisep tuh emang enak,,lho lho lho???*

back to Facebook…terlepas dari kontroversi halal atau haram gue sih melihatnya secara proporsional aja *beuh…* di zaman teknologi yang sekarang makin edan ini dimana mobilitas orang makin tinggi makin susah bersilaturahmi satu orang dengan yang lainnya..bukannya agama kita ngajarin supaya menjaga tali silaturahmi ya kan??iya doonnk…Nah, dengan adanya facebook, frenster etc kita malah bisa jalin silaturahmi sama siapapun setiap hari..bahkan kita bisa nemu temen yang udah lamaaaaaaaaaa banget gak ketemu *ajaip kan..temen jaman SD pun bisa gw temuin di Facebook*

intinya adalah NIAT..ya klo gue sendiri manfaatin facebook buat komunikasi sama temen2 gue baik yang deket sama gue ataupun yang jauh di daerah bahkan yang di luar negeri sekalipun…jadi menurut gue jangan sekonyong-konyong bikin fatwa haram atau nggak karena harus ditinjau dulu permasalahannya..ga bisa se-saklek itu pak !!!!

Facebook haram gak?? yang haram itu daging babi !!!!!

3 responses to “facebook haram?????

  1. Ping-balik: Berita Yang Benar Mengenai Fatwa Pengharaman Facebook & Friendster « M Shodiq Mustika

  2. Haram atau halal, bagiku lebih baik nggak usah facebook- facebookan ah . Terlepas dari manfaat atau mudharatnya , ’siapa’ sih sebenarnya pencipta facebook yang mendadak kaya raya karena larisnya facebook ini?
    Mark Zuckerberg, (born May 14, 1984) is an American computer programmer and entrepreneur…etc.Zuckerberg was raised in Dobbs Ferry, New York, by his Jewish parents, Edward and Karen Zuckerberg…etc
    jewish = yahudi = israel
    Jadi, facebook 100% produknya orang yahudi.
    profil aku copast dari:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

  3. Pengeluaran fatwa ulama mengenai suatu hal memang sesuatu yang wajar, apalagi menyangkut kepentingan umat. termasuk mengenai facebook. kalau menurut hemat saya, facebook sama dengan hal lainnya. yaitu mengandung manfaat dan madharat tergantung dari aspek si pengguna. kalau dipergunakan sebagai wasilah untuk menyambung tali silaturahim atau bahkan berdakwah sekalipun, tentu akan sangat bermanfaat nilainya. namun lain halnya apabila digunakan untuk yang berkebalikan.
    oleh karena itu, sebagai masyarakat umum hendaknya kita mafhum dengan adanya fatwa semacam ini. pada dasarnya bukan untuk mengintervensi umat secara utuh, namun lebih kepada upaya preventif dari para ulama agar umatnya tidak terjerumus ke dalam jurang dosa.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s