bocah petualang #jogja part 2

day 2

bangun pagi- pagi, hari ini mau pergi ke pantai baron dan kukup di  selatan kota yogyakarta. kali ini saya melewati rute terminal giwangan hanya 25 menit dengan menggunanakan Trans Jogja dengan membayar 3000 saja kita langsung sampai terminal Giwangan untuk selanjutnya pake bus menuju Wonosari. setelah nyampe bayar retribusi terminal yang cuma 200 perak iya 200 bukan 2000 !!!! happ..gak nyampe 15 menit bus udah bisa melaju (gak pake ngetem lama lhoo…suka deh!!!) bus langsung melaju dengan kecepatan penuh..ngebut bo! tapi seru…sampai di suatu persimpangan bus akhirnya ngetem juga tapi gak lama kok..beberapa menit kemudian bus melaju lagi cuma gak begitu ngebut soalnya jalanannya nanjak..Gak ada pemandangan yang istimewa di perjalanan soalnya seatau saya dari berbagai sumber klo memang di kabupaten Gunung Kidul itu keadaanya kering dan memang seperti yang saya liat..nothing special scenary cuma ada pohon-pohon yang meranggas, tanah-tanah berbatu dan kering..1, 5 jam di perjalanan akhirnya saya nyampe juga di terminal bus Wonosari, dari situ saya lanjutin perjalanan pake bus yang lebih kecil ke pantai Baron..ga perlu nunggu lama karna begitu saya naik, bis langsung melaju..aahh beneran bosen dengan dry scenary ga ada yang bisa diliat selain itu juga jalannya kosooooooonnng banget serasa jalan milik pribadi donk, cuma ada 1-2 motor yang lewat dan sesekali papasan sama mobil lain itu pun hampir 10 menit-an alhasil saya tertidur dengan nikmat dalam bis…perjalanan selama 30 menit itu saya bayar dengan harga 7000 saja dan saya tiba di pantai Baron dengan selamat……………………..

di bus menuju Wonosari

di bus menuju Wonosari

pantai Baron dan Kukup, anyone knows???? buat sebagian orang sih saya yakin pernah denger apalagi buat para backpacker pastilah seenggaknya pernah denger pantai Baron dan Kukup di selatan yogyakarta ini. Tapi buat sebagian lagi mungkin asing dengan nama kedua pantai ini, karena ditelinga masyarakat awam yogyakarta hanya mempunyai satu pantai yang terkenal yaitu pantai Parangtritis, memang tidak salah..akan tetapi selain Parangtritis ternyata Yogyakarta punya pantai yang aje gileee bagus bener cuy !!!! tepatnya Kabupaten Gunung Kidul, ada lima gugusan pantai disini dua diantaranya Pantai Baron dan Kukup *kebetulan gue hanya menyempatkan berkunjung ke kedua pantai itu aja selebihnya mingkin next time hehehehhe* berbekal dari rekomendasi temen backpacker saya sempatkan menuju dua pantai ini, dan setelah saya datangi memang tidak salah..dua pantai ini sungguh jauh berbeda jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, pasir di kedua pantai ini jauh lebih putih daripada di Parangtritis..pantai Baron mempunyai garis pantai yang lebih sempit dibandingkan pantai Kukup akan tetapi di pantai Baron lebih banyak mempunyai bukit-bukit yang klo kita liat laut dari atas bukit maka akan langsung terhampar luasnya pantai selatan jawa kereeeeeeeeeeeeeeennnn banget lah four thumbs up!!!!! sedangkan pantai Kukup gak terlalu jauh dari pantai Baron hanya perlu menyusuri bukit- bukit selama kurang lebih 20 menit maka sampailah di pantai Kukup..Pantai Kukup mempunyai garis pantai yang lebih panjang daripada pantai Baron, pasirnya putih plus batu-batu karang yang ternyta banyak biota laut yang malu- malu buat ketemu hohohohoho..selain itu pemandangan lebih menakjubkan lagi dengan dahsyatnya deburan ombak pantai selatan…di pantai kukup juga ada sebuah batu karang besar dimana di batu karang itu dibuat semacam gazeboo trus dihubungkan dengan bukit seberangnya jadi kita bisa nongkrong-nongkrong di gazeebo itu sambil liat hamparan pantai selatan…dan jika mau membandingkan kedua pantai yang saya kunjungi, mungkin gue bisa kasih nilai 65 buat Kukup dan 35 buat Baron..tapi over all dua pantai ini kereeeeen banget lah…buat siapapun yang ke Yogyakarta ayolaaahh Parangtritis mah it’s so last year..saatnya kenali Pantai Baron dan Kukup dan ketiga temannya !!!!! *saya jadi promosi gini yah*

Pantai Baron

Pantai Baron

pose di pantai Baron

pose di pantai Baron

berada di pantai itu serasa raja di pantai sendiri, hihihihi gimana nggak, di pantai-pantai itu cuma ada saya seorang diri noone there…sepiiiiiiiiiiiii banget *atau ga tau karena itu hari kamis malem jum’at yah hiiii* tapi enjoy aja cuy…saatnya bersenang- senang kapan lagi punya pantai yang isinya cuman saya doank !!!

terpikir sejenak…merenungi Kebesaran-Nya, hanya bisa berucap Subhanallah…………………………!!!!!!!

pantai Kukup from above

pantai Kukup from above

pantai Kukup Tanah Lot-nya Jogja

pantai Kukup Tanah Lot-nya Jogja

setelah kenyang bersenang senang dan makan siang beberapa buah biskuit berkalori tinggi sayapun cabut dan tak lupa berpamitan, semoga saya bisa berkesempatan datang lagi kesini !!!!

melihat lebih luas....

melihat lebih luas....

makan siang gue...air mineral dan biskuit tinggi kalori...

makan siang gue...air mineral dan biskuit tinggi kalori...

merenungi kebesaran-Nya

merenungi kebesaran-Nya

balik dari Pantai Kukup berjalan kaki sampai ke shelter bus di pantai Baron, tapi klai ini saya melewati jalan raya bukan melewati bukit yang tadi saya daki, ah..pantai ini memang masih perawan..hanya ada temapat pelelangan ikan yang itupun sepi..hanya ada beberapa buah warung yang itupun tutup..hanya ada sebuah penginapan berharga 20rb/malam…dan hanya ada satu dua orang yang berjalan memanggul kayu bakar…jalan pulang ke shelter bus itu cukup melelahkan selain jalannya yang najak, gersang serta terik matahari bikin saya ngeri *aw aw aw kulit gue iteeeeeemmmm* setelah perjuangan selama 20 menit saya akhirnya sampe di shelter bus panta Baron…OMG beneran sepiiiiiiii….baru saya seorang diri yang nunggu bus buat balik ke Wonosari, trus ada mas-mas kernet nanya………………………………..

mas kernet :dewean bae mas  *sendirian aja mas* ??

saya : ngggih *iya karna hanya itu saja yang saya tau ckckckkc*

mas kernet : bentar lagi ya mas….

saya : hanya mengangguk sebagai tanda setuju untuk menunggu beberapa menit lagi

15 menit kemudian akhirnya bus meluncur dengan seorang penumpang yang tampan berada di dalamnya *hoeeeeeeekkkkkkkkk* tapi gak begitu lama naik lah ke dlaam bis itu seorang ibu (horray..masih tetep paling ganteng donk  hehehe) tapi gak begitu lama setelah si ibu naik bus, ternyata kita di pindah ke bus lain dan disinilah malapetaka itu terjadi…seumur hidup saya mengalami ngetem bus terlama sepanjang hayat!!!bayangkan saya dan beberapa penumpang lainnya harus menunggu bus itu ngetem selama 2 jam!!! yup, ngetemnya 2 jam !!!!! akh, beneran bikin saya ngomel-ngomel..cant stand waiting dude !!!! hmm..emang nasib harus ngetem selama itu ya sudahlah sayapun ga bisa berbuat banyak toh ga ada bus lain selain itu..!!! setelah dua jam nunggu akhirnya bus itu berangkat, kurang dari 30 menit saya dah nyampe di perempatan tempat bus menuju yogyakarta mangkal..syukurlah bus udah agak penuh dan ketika saya naik, bus langsung tancap gas *huuffhh gak perlu nunggu lama kan* cuaca di Gunung Kidul panas banget dan ga bisa bikin saya gak tidur…saya pun akhirnya tertidur, tapi samar-samar tedengar musisi jalanan lagi nyanyi lagu jawa, sumpah suaranya enak bangeeeeeetttt, mereka nyanyi lagi “lir ilir” diteruskan sama pantun..saya emang ga ngerti soalnya mereka pake boso jowo gitu, tapi ada beberapa yang saya paham artinya jadi gini katanya “paling enak jadi gadis cantik, kemana2 diliatin sama pria, tapi paling kasian jadi gadis cantik, klo dikawinin sama orang melayu” wakakkaka jadi inget si manohara😛

gak kerasa sejam berlalu saya udah nyampe lagi di kota yogyakarta, perjalanan pulang emang gak banyak menyita waktu mengingat jalannya yang menurun……………………………………………………………….

begitu sampai di terminal giwangan saya bingung, karena 2 jam bus ngetem tadi bikin plan saya berantakan..rencananya tadi nyampe yogya itu jam 1-an jadi saya bisa langsung cabut ke kaliurang, mau liat gunung merapi..tapi sial saya baru nyampe yogya lagi jam setengah 4 ga mungkin saya ngejar ke kaliurang mengingat dan menimbang it would take a long time…yasudah saya akhirnya memutuskan untuk ke malioboro ajah, stay di yogya 1 malem lagi………………………….

nyampe di malioboro, sholat di kantor gubernuran *sholatnya di jamak gpp kan hihihihi* rebahan bentar di masjid..adeemm bener dingin- dingin menyejukan cukup membuat kepala dan hati saya relaxing for a while………………

hari udah mulai sore, walopun gak dengan jelas liat merapi di kaliurang, seenggaknya bisa motret gunung merapi dari kejauhan…lumayan bagus kok, langit dah mulai gelap dari kampus UGM saya lanjutkan perjalanan ke candi prambanan berharap masih bisa masuk bisa take some pictures.. dengan menggunnakan Trans Jogja sekitar sejam akhirnya nyampe di shelter prambanan…nyebrang sampailah di kompleks candi prambanan heu, tapi saya bingung masuknya dari mana…soalnya kompleksnya gede banget, gue berjalan terus ke arah timur akhirnya ketemu di gerbang satpam..sempet nanya kemana pintu masuknya mereka nunjukin di sebelah timur lagi..whaaatt sayapun menyusuri gerbang ke arah timur dan sampai juga saya di Klaten, jawa tengah *edaaass berjalan lintas propinsi gini* masih belum nemu gerbang masuknya, ah saya terburu-buru daripada nyusur gak ketemu-ketemu saya loncat pager ajah…dan saya pun nyampe di pelataran parkir, huufffffhh..area parkiran sepiiii banget toko- toko souvenir juga dah pada tutup..bengong clingak clinguk…duh masuk ke area candinya lewat mana yah ???? nyusurin pager masuk area candi..yap i gotcha !!! ada loket masuknya..tapi aje gilee udah tutup cuy !!!! dah gak bisa masuk………………….!

sayapun gak kehabisan akal…hm, area sepi nih pun klo saya manjat pager gak bakalan ketauan, hihihihi niat jahat saya buat manjat pager buat masuk area candipun keluar, tapiiiiiii wait !!!!uadah hampir jam 8 sedangkan Trans Jogja abis jam 9 dan buat jalan nyampe shelter prambanan butuh waktu 20 menit, akh..niat jelek itupun akhirnya saya urungkan…saya memilih buat balik aja…..agak nyesel juga sih gak bisa take some pictures prambanan *huhuhu padahal kan dan di plan*

balik ke shelter prambanan………………..

nunggu bus di shelter, lamaaaa banget padahal bus udah numpuk, tapi gak ada yang narikk penumpang…maklum udah malem kali yah penumpangnya cuma dikit……heuheuhu, sambil nunggu make a plan ajah buat malem ini…………………………………………………….

balik ke losmen…..bebersih bentar sambil charging kamera dan handphone bentaran doank…langsung meluncur ke kawasan malioboro, take some nice pictures, yogya in the night keren juga yah…take some pictures of gedung Bank  Indonesia, Bank BNI, Benteng Vredeburg, Kantor Pos, Alun-alun Utara Jogja, Pasar Beringhardjo and of course Jalan Malioboro…………………………..

night at Pasar Beringhardjo

night at Pasar Beringhardjo

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

great architecture of Bank Indonesia

great architecture of Bank Indonesia

alun-alun utara kota jogjakarta

alun-alun utara kota jogjakarta

salah satu sudut kota jogjakarta

salah satu sudut kota jogjakarta

setelah take some picture the camera was off jadi aja mau gak mau balik ke losmen selain karena saya  juga lumayan cape dan perlu energi buta perjalan besok ke magelang, oh iya sebelum balik ke hotel isi perut dulu sama sepiring nasi gudeng jogja uenaakk’e tenan murah pula ditambah segelas teh manis panas, slllluuurrrrrrppppppp…………………………….

hari yang melelahkan, tapi seruuu….Alhamdulillah telah diberikan kesempatan menikmati untuk menikmati hidup, hari itu saya tutup dengan memejamkan mata dan berharap besok akan mengalami petualang seru lainnya, have a nice dream zzzzzzzzzzzzzzzzzzz………………………………………………………….

ah, makin cinta ma jogja……

8 responses to “bocah petualang #jogja part 2

  1. waw…..senengnya bisa jelajah kota jogja..klu ke jogja silakan mampir ke klaten mas, disini juga gak kalah ma jogja lho…heheehe

    • kmaren juga ke klaten kok..tapi cuma ampe perbatasan doank heheheh

      insya Allah mas, klo ada kesempatan backpackingan ke jateng saya ke klaten deh🙂

  2. foto2 nya keren-kerennnn

  3. wah bagus banget ni artikel…

    kunjungi balik ya mas…

  4. infonyaaa keren..
    tgl 27 insyaAllah mau backpacking ksna
    ngeceer dari tugu-giwangan

    kira2 perjalanan aman gk ya ksna?
    coz kita smw cwe

Tinggalkan Balasan

