bocah petualang #Semarang dan Lawang Sewu

masih day 3

bus melaju dari Magelang menuju Semarang…sepanjang perjalanan ternyata rasa kantuk itu mengalahkan keinginan untuk melihat scenary perjalanan Magelang-Semarang. tapi seketika bangun saya sadar klo saya masih belum berada di Semarang, ntah dimana tapi yang pasti jalanan berkelak – kelok dan hutan jati sekanan kiri…beberapa menit kemudian berubah menjadi kawasan industri yang cukup memacetkan, huh…i didnt like this kinda traffic jam membosankan !!!padahal jalanan cukup lebar tapi karena volume kendaraan cukup padat jadi laju kendaraan pun ga begitu mulus, Akh..ya sudahlah dinikmati saja perjalanannya………………………………………………………….

hamparan sawah di kota magelang

macet dari Bawen sampe Ungaran bener- bener bikin BT apalagi plan saya buat ke kawasan Lawang Sewu  terancam batal klo ampe jam 6 belum nyampe Semarang, soalnya saya harus ngejar kereta jam 9 menuju Jakarta, Tapi akhirnya jam 5 bus udah masuk tol dan keluar ntah dimana..feeling saya bilang klo saya harus turun disini soalnya klo ke terminal bakalan lebih jauh lagi, akhirnya saya turun dan tanya2 kalo ke arah Tugu Muda itu naek apa…..Ada seorang bapak yang nunjukin ke saya klo mau ke Lawang Sewu naik bis sampe simpang 5 trus dari situ jalan dikit…oke!!! saya mengikuti saran si bapak buat naik bus omprengan, oiya..seperjalanan menuju kawasan simpang 5 saya sempeet lewat gereja Blenduk, gereja yang berada di tengah Kota Semarang yang terkenal karena model arsitektur kunonya, klo menurut saya sih emang keren model model bangunan tua gitu, dan pantas buat dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah setempat….Gak begitu lama setelah melewati Gereja Blendug, saya sampai di kawasan simpang 5 Semarang……………………………………………………………….

kawasan simpang 5 Kota Semarang

setiba di simpang 5 saya pun bingung…karena menurut sumber yang saya tau Lawang Sewu itu berada di kawasan simpang 5 nah…setiba di simpang 5 bener- bener gak ngerti bukannya Lawang sewu yang saya dapet..tapi bangunan Mall, Hotel bintang 5, Pasar Swalayan, Mesjid agung…..huffhhh alamat salah nih !!!! dan memang ternyata saya salah turun, ketika saya tanya sama seorang polisi yang lagi patroli..seharusnya saya turun di simpang lima TUGU MUDA bukan di alun-alun simpang 5 nama yang sama tapi tempat yang berbeda huhuhuhuh…ga perlu buang banyak waktu saya meluncur ke simpang 5 tugu muda dengan menggunakan angkot, gak sampe 10 menit sampailah di kawasan simpang 5 tugu muda…..Yes, Finally i gotcha !!!! langsung merinding liat Lawang Sewu bangunan eksotis penuh misteri keren banget, tetap kokoh berdiri diantara bangunan moderen disekitarnya………………………………..

Tugu Muda Kota Semarang

here..Lawang Sewu

Lawang Sewu, sebuah cagar budaya warisan kolonial Belanda yang dimiliki Kota Semarang. dahulu pada zaman kolonial gedung ini dipakai sebagai kantor perusahaan NIS atau  Netherland-Indische Spoorweg yang merupakan cikal bakal perusahaan kereta api indonesia. setelah indonesia merdeka gedung ini dipakai untuk kantor PT kereta Api Indonesia selain itu menurut penjaga disana gedung ini juga pernah menjadi kantor dinas perhubungan Jawa tengah. Pada masa peperangan dahulu gedung ini pernah menjadi saksi bisu pertempuran lima hari di Semarang yang melibatkan Pemuda Semarang dan Tentara Jepang, entah berapa korban yang pernah disiksa bahkan dibunuh di gedung ini……………………………..

saksi sejarah perjuangan bangsa

the great landmark............

Tugu Muda peringatan pertempuran Lima Hari

Lawang Sewu berarti Pintu seribu, dinamai seperti itu karena saking banyaknya pintu masuk dan jendela…walaupun menurut si mas penjaga pintu serta jendela yang ada tidak mencapai seribu buah, tapi kan gak lucu klo dinamai lawang sembilan ratus apalagi lawang delapan ratus lima puluh..huh, ga matching cuy !!!!!

tampak depan..........

bagus bagus bagus...!!!!

tapi sayang dibalik kemegahan serta keeksotisan Lawang Sewu, bangunan ini kerap diidentikan dengan kekuatan mistis yang ada di dalamnya *atulaaaahh it’s 2009 !!!* walopun memang begitu saya masuk di pelataran lawang sewu aroma mistis kuat banget…apalagi di daerah halaman belakang, beberapa kali saya take some picture hasilnya blurr terus padahal udah di setting berbagai mode…emang dasar ga beruntung aja😛 trus saking penasarannya sayatadinya mau masuk ke halaman belakang berhubung sedang gak bisa masuk kedalam gedung karena alasan lagi ada pemugaran gedung jadinya nekat take some pictures dari halaman belakang aja..tapi tiba2 saya diteriakin si mas penjaga klo saya gak boleh kesana he didint say the reason what…huhhh..padahal kan i just tried to be nice with it’s “keepers” hehehehhe yasudahlah saya turutin aja si mas daripada saya knapa-napa kan repot..single backpacker gitu loch hehehehe😀

bangunan yang konon banyak "penghuninya"

however, apapun yang terjadi keeksotisan bangunan tua ini tetap menjadi primadona buat wisata Kota Semarang dan seharusnya pemeritah setempat melindungi kawsan ini agar tetap dipertahannkan sebagai aset cagar budaya…canggih kan gue..???

national heritage..harus dilestarikan!!!!

memang gak banyak waktu di Semarang (huuh kemacetan itu bikin my plan gagal😦 ) yasudahlah yang penting tujuan utamanya tercapai..yup Lawang Sewu my exotis ones…..tadinya sih pengen ke kuil Sam Poo Ko juga, tapi mengingat langit udah hitam dan ngerjar kereta jam 9 ke jakarta cuma sempet took some pictures di daerah Simpang 5 Tugu Muda, maybe someday i’m gonna back again😉

Semaraaannng...i'm gonna back again !!!

ga jauh dari Kawasan Tugu Muda gue pake angkot ke Stasiun Poncol Semarang hanya dengan membayar 2000 perak saya dah sampe di Stasiun Poncol, hm…loket tiket blom dibuka masih cukup waktu buat nyari masjid *di Poncol kok gue gak nemu mushola yah…* disekitar stasiun, setelah sholat dan menyegarkan wajah saya balik ke stasiun buat beli tiket, gak lama kemudian loket dibuka dan segera pesen tiket tujuan Pasar Senen Jakarta…..

huh…..tiga hari yang menyenangkan berada di daerah Jawa Tengah berpetualang, mengembara, nyikreuh (bahasa apa ini) pokonya seru laaahh..menyusun itenarary berikutnya di jakarta langsung tersirat KOTA TOEA….yup saya akan mengakhiri acara petualangan kali ini di KOTA TOEA Jakarta

hm…jam 9 lewat 20 kereta apai Kertajaya masuk stasiun Poncol, dan 10 menit kemudian kereta melaju meninggalkan Semarang menuju jakarta, dah ah…tidur aja yu, recovery my energy yang abis dipake seharian huuhuhu…..selamat jalan Semarang, selamat datang Jakarta !!!!!!!

zzzzzzzzzzzzzzzzzzz………

2 responses to “bocah petualang #Semarang dan Lawang Sewu

1. Salam kenal mas…
    Keren liputan wisatanya, kemaren ane juga kesana tapi siang hari. Wah sebenere lebih asik lagi kalo malem…

2. pesan dari lawang sewu:
    kalau masuk, pikiran jgan ampe kosong.