ekspedisi jawa timur part 2

Part 1

Pulau sempu….ekspedisi Malangkucecwara

Part 3

sesampainya di stasiun Gubeng kita langsung bersih-bersih dan tentunya istirahat… sebelumnya nyempetin packing dulu biar pagi-pagi gak keteteran… Ohiya di Surabaya ini juga kita nambah pasukan buat nge-trip ke Malang, Tyo, yang baru datang jam 3 pagi buat survei dulu nyari-nyari temen barunya (hehehe orang kita baru ketemuan hari ini) sebelum akhirnya dia balik lagi ke kosannya buat packing dan balik lagi ke stasiun subuh..

saya sendiri gak bisa tidur…jadi saya habisin waktu malam saya buat packing ulang dan dengerin lagu2 di mp4 sampai akhirnya ketiduran juga…hehehehe

bangun jam 04.00 langsung cari-cari mushola tapi sayaang belum pada buka, saya pun membeli tiket ke Malang dengan harga Rp 4500 rupiah saja.  sembari menunggu Agung&Iqbal packing..Saya, Ferdi dan Tyo sholat subuh dulu *sempet gak konsen solatnya soalnya begitu kita mulai solat kereta ke Malang dah datang jadi solatnya cepet-cepet😀 * untunglah ga ketinggalan kereta…..walopun sempet lari-lari (wiidddiiw dah kayak film AADC ajaa)

tepat jam 04.45 kereta Panataran jurusan Surabaya-Jombang via Malang berangkat meninggalkan stasiun Surabaya Gubeng, perjalanan menuju Malang menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam..sekitar jam 08.40 kita sampe stasiun Kota Baru…sebelum melanjutkan perjalanan kita isi perut dulu dan bersih-besih numpang di pom bensin Pertamina😀

7921_1173168862492_1626152387_435264_2052376_nsetelah “numpang gaya” di POM bensin

beranjak dari pom bensin deket stasiun..lanjut ke terminal Gadang, dengan mengunakan angkot seharga Rp 3000 kita sampe di terminal Gadang. dari terminal Gadang Lanjut ke Pasar Turen dengan menggunakan Elf seharga Rp 5000  saja..Sampe di pasar Turen langsung pake angkot ke Sendang biru, disini hampir sejam nunggu angkot penuh…disini juga saya sempetin nyicip bakso Malang (pengen nyoba aja bakso Malang di kota asalnya) ternyata sama aja hehehehehe😀

7921_1173168982495_1626152387_435266_4318277_nmenunggu angkot yang tak kunjung pergi

setelah hampir sejam kita berangkat menuju sendang biru dengan ongkos Rp 13000 perjalanan menuju Sendang biru menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam dengan kondisi jalan yang menikung naik turun…Untung saya termasuk orang yang gampang tidur, jadi dalam kondisi jalan gimanapun pasti saya tidur hhehehehe😛

beberapa meter sebelum pintu masuk pantai sendang biru terjadi kemacetan total, runtuian kendaraan gak bergerak sama sekali, sehingga kami harus berjalan kaki sampai ke pos penjaga. Sampai disana pantai sangat padat oleh manusia, maklumlah hari itu bertepatan dengan hari terakhir libur lebaran. gak tahan dengan keramaian manusia, setelah “nyogok” polisi hutan, kami langsung menyebrang menuju pulau Sempu dengan ongkos Rp20.000 P.P per orang (sebenernya bisa lebih murah tapi karena mungkin lagi lebaran jadi pake tarif lebaran heu2)

7921_1173169022496_1626152387_435267_5183002_nnaek perahu menuju pulau sempu

7921_1173169102498_1626152387_435269_2581662_nmlaku-mlaku menuju segoro anakan

sampai pulau sempu kita harus berjalan kurang lebih 1,5 jam perjalanan untuk menuju Segoro anakan. Pulau sempu merupakan hutan konservasi dimana terdapat berbagai jenis flora dan fauna didalam area hutan tersebut. menurut Bapak Joko salah seorang polisi hutan yang sedang berpatroli disana, di area tersebut terdapat beberapa jenis Fauna yang dilindungi diantaranya monyet hitam *klo di Jawa Barat itu Lutung kali yee*, monyet cokelat, bajing terbang, kancil, menjangan, trus ada juga berbagai jenis burung, dan katanya sih ada macan tutul juga (tapi si bapaknya belum pernah liat langsung cuma spekulasi dari jejak kaki yang ada) selain itu terdapat berbagai jenis flora disini, jenis bakau, trus waru dan pohon2 jenis lainnya. di wilayah hutan konservasi ini terdapat dua danau yaitu Segoro anakan (tempat kita nge-camp) dan Telogo Lele. Danau Segoro anakan ini terbentuk dari air laut yang masuk melalui karang bolong di sekitar batuan karang yang melindungi pulau ini dari deburan ombak pantai selatan. sedangkan Telogo Lele(kasih tau saya klo salah) merupakan danau air tawar yang letaknya berada di sebelah utara Segoro anakan, sayang kita gak sempet mengunjungi Telogo Lele soalnya baru tau ada danau lain segoro anakan ketika kita dah mau pulang…huuuffhhh

7018_1128166085768_1275681669_323154_6958368_ndisela-sela perjalanan menuju lokasi camp

ohiya di sekeliling danau Segoro anakan ini terdapat tebing-tebing karang yang mengelilingi pulau ini, dari atas tebing ini kita bisa melihat hamparan luasnya Samudera Indonesia, di tempat ini juga kita bisa melihat matahari terbenam ke peraduannya dengan sangat indah, selain itu disini kita bisa melihat Puncak Semeru yang menjulang tinggi..tapi harus ekstra hati-hati untuk menaiki tebing ini karena tanjakan yang cukup curam *jadi judulnya panjat tebing bukan naik tebing hehehe* selain itu katanya juga di daerah ini juga terdapat penangkaran ular cobra jadi yaaa be carefour aja (maksudnya be carefull lho)..tapi yang harus ekstra waspada adalah klo ketauan polisi hutan yang lagi patroli bisa-bisa langsung diusir seketika *halah lebay pisan*..soalnya emang udah diwanti-wanti sama petugas di basecamp klo kita dilarang menaiki tebing apalagi sampe puncak.

7018_1128692938939_1275681669_325010_8072625_nSegoro anakan dilihat dari atas bukit karang

7018_1128185046242_1275681669_323368_503472_nsunset di puncak bukit karang pulau sempu

7018_1128716579530_1275681669_325103_1635223_nmemandang luasnya hamparan samudera indonesia

Segoro anakan juga punya kondisi air yang jerniiiihh banget apalagi pas siang, sangat menggoda untuk diceburi *bahasa apa nih?* selain itu juga kondisi pasirnya sangat putih, pokonya kerenlaaah tapi sayang dibalik keelokan Segoro anakan ini ada aja ulah-ulah jail orang yang NGAKUNYA PECINTA ALAM…buang sampah lah..bakar2an lah..nyoret-nyoret tebing yang seharusnya gak dilakukan oleh seorang yang mengaku pecinta alam.

7018_1128157485553_1275681669_323100_2738107_npasir putih segoro anakan

rencananya kita mau bermalam di Segoro anakan sampai hari Selasa tapi karena dapet ijinnya cuma ampe hari senin daaan kebetulan juga kita kehabisan perbekalan jadi kita mengakhiri camp di Pulau Sempu sampai hari senin saja.

7018_1128153325449_1275681669_323087_2536727_nour camping ground..2 tenda tetep aja tidurnya diluar😀

balik dari Pulau sempu istirahat dulu di basecamp sambil ikut nge-charge handphone yang beterenya dah mulai sekarat, sambil istirahat kita ngobrol-ngobrol sama suami-istri yang sama-sama baru balik juga dari pulau sempu. Oiya si istrinya ini (namanya Peni Wulandari) dia itu contributor majalah Tamasya yang selama ini saya baca..hihihi orang yang saya liat di majalah ternyata saya liat disini..rejeki emang gak kemana😀😀😀

sekitar jam 13.00 kami meninggalakan Sendang biru menuju terminal Gadang, kurang lebih 2,5 jam kami tiba di terminal Gadang dan langsung mencari masjid untuk sekedar melepas lelah dan membersihkan diri. setelah selesai bersih-bersih perjalanan kami lanjutkan ke stasiun Kota Lama dengan ongkos Rp 5000 (sebenernya sih 2500 tapi karena kita naroh barang diatas mobil kayaknya kena charge lebih deh => kayak di pesawat aja), kereta api Penataran jusrusan Surabaya ternyata baru masuk stasiun jam 18.26 sambil nunggu kita jalan-jalan dulu bentar sambil nyari makanan, sepiring nasi Rawon dan segelas Marjan Cocopandan cukup dibayar dengan harga Rp 7000 saja sudah cukup membuat perut saya kenyang. balik ke stasiun ternyata kereta delay hampir sejam alhasil kita baru berangkat menuju Surabaya jam 19.30…perjalanan Malang-Surabaya ditempuh sekitar 3 jam…Sampai di stasiun Surabaya Gubeng teman kami, Tyo pamit pulang karena keesokannya dia harus kuliah, dan kami melanjutkan perjalanan sampai dengan stasiun Surabaya Kota dan tiba pukul 22.53…dan bersiap untuk petualangan selanjutnya😀

great sempu island !!!!!!!!!!!

3 responses to “ekspedisi jawa timur part 2

1. great adventure coi.
    mumpung masih muda, banyak2in adventure. jangan banyak bercinta dulu.
    ntar klo sudah punya bini & anak, jadi lebih susah klo pergi2 kayak gini.

foto2nya lumayan siip.
    hmmm…. jadi pingin muda lagi coi.
    pingin lagi yg kayak ginian, klo anak ok (bakat nurun aku) tp klo bini.. uuhhh, gak suka yg susah2 kayak gini. coba klo aku masih muda, hmmm…. ke pulau sempu bisa berapa kali ya? hehehee

selamat & sukses dah, gak salah kamu bilang ‘great sempu island’… itu bagus banget coi.
    banyak wisata alam di negeri kita yg bagus2 kayak gini, ngapain ke luar negeri?

• sebelumnya makasih dah berkunjung🙂

hahha setuju sekali mumpung masih muda daripada bercinta mending jalan2 ajah *ngeleskarenasampaisekarangblumdapetcewe*
      setuju juga klo Indonesia itu emang bener2 surga dunia, sayang masyarakatnya masih banyak yang belum sadar, tapi terkadang orang harus ke negeri lain dulu mas biar tau seberapa keren negeri kita itu🙂