ekspedisi jawa timur part 3

Part 1

Part 2

Dari Suramadu hingga Kediri………

setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Malang, kami sampai di stasiun Surabaya Kota atau orang sana lebih familiar dengan sebutan Stasiun Semut tujuan kami selanjutnya adalah Pulau Madura. Berangkat dari stasiun kami berniat berkeliling- keliling dahulu kota Surabaya (gilaa mau jalan kaki muter-muter kota segede itu?????) tapi karena kurangnya informasi tentang kota ini, kamipun cuma sempet foto-foto di depan kantor Gubernur Jawa Timur dan foto-foto di depan gerbang Tugu 10 Nopember Surabaya atau lebih dikenal sebagai tugu pahlawan. setelah berfoto-foto kamipun beristirahat sejenak di warung kaki lima menikmati panasnya udara malam surabaya ditemani segelas es jeruk dan 2 bungkus kacang bawang😛 sambil bertanya akses menuju Pelabuhan..Hmmm niat kami yang pada awalnya berjalan kaki menuju pelabuhan akhirnya diurungkan juga mengingat jarak yang lumayan jauh *ya iyaaalaah* dan kamipun akhirnya menggunakan taxi menuju pelabuhan, dengan charge Rp 28000 (jadi tiap orangnya bayar Rp7000) kamipun berangkat menuju pelabuhan..

DSC04541tugu pahlawan kebanggaan masyarakat Surabaya

DSC04544di salah satu tempat saksi sejarah bangsa

kondisi pelabuhan tanjung perak lumayan sepi hanya ramai oleh bongkar muat barang, untuk penumpang penyebrangan kondisinya cukup lengang, maklum lah sekarang orang-orang lebih senang menggunakan jembatan Suramadu untuk sampai ke pulau madura atau sebaliknya …. waktu tempuh yang lebih singkat menjadikan jembatan ini menjadi primadona penyebrangan jawa-madura.

dengan membayar jasa  Feri penyebrangan seharga Rp 3700 kita sudah bisa menyebrang ke pulau yang terkenal dengan karapan sapinya itu selama kurang lebih 30 menit. setelah 30 menit perjalanan kapal merapat di pelabuhan Kamal, Madura. Kondisi sebaliknya terjadi disini..jika di pelabuhan Tanjung Perak kondisi pelabuhan cukup ramai dengan kegiatan bongkar muat, di pelabuhan ini terlihat sepi..maklum lah jam sudah menunjukan waktu 01.30 dini hari. kami pun kebingungan setelah sampi pulau Madura ini, tidak ada tujuan pasti disini..akhirnya kami beristirahat sejenak di sebuah warung makan sambil mengisi energi yang habis terkuras seharian ini. tak terasa, entah terlalu capek atau kenapa, setelah semua selesei makan semua tertidur di meja makan…(gak enak juga sih sama bapaknya, tapi gpp lah mumpung sepi :D) setalah sekitar satu jam tertidur di meja makan kami pun bangun dan segera pindah tempat karena gak enak sama pemilik warung… kami kembali menuju pelabuhan dan kami menemukan teras kantor informasi pelabuhan yang cukup luas untuk ditiduri..kamipun tidur di teras kantor sampai dengan waktu subuh tiba……

setelah waktu subuh tiba, kami pun terbangun dan segera mencari masjid terdekat untuk melaksanakan solat subuh.. Disini juga saya diserang pasukan nyamuk yang membuat tangan saya bentol-bentol dan berbekas sampai sekarang huuhhhh!!!!

pagi hari setelah solat subuh, kami langsung bertanya-tanya penduduk sekitar akses menuju jembatan suramadu, ternyata cukup mudah..tinggal menaiki angkutan desa satu kali dengan ongkos Rp 6000 (seharusnya 5000 tapi karena barang kami menghabiskan space yang cukup banyak jadinya dinaikin ) kamipun diantar sampai jembatan dekat gerbang tol Suramadu…

DSC04562the longest bridge ever…!!

7921_1173169862517_1626152387_435288_2192332_ndi depan jembatan Suramadu😛

7921_1173169942519_1626152387_435290_1414878_nklo ini di depan Tol Madura hihihihi

dengan menggunakan mobil minibus dengan tarif Rp 15000 perorang kmai sudah bisa diantar menyebrang dari Madura hingga Surabaya. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang yang ada di Indonesia, semenjak tanggal 10 Juni 2009 yang lalu jembatan ini langsung menjadi primadona penyebrangan antara pulau jawa dan Madura begitupun sebaliknya. Waktu yang relatif cepat menjadi faktor utama penggunaan jembatan ini oleh masyarakat setempat, tidak lebih dari 15 menit kita sudah bisa sampai di pulau jawa ataupun di pulau madura. tiket masuknya pun relatif sebanding dengan aktu tempuh yang ditawarkan, untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 dan untuk kendaraan besar seperti truk gandeng, kontainer akan dikenakan biaya sebesar Rp 90.000. Oiya di tol ini juga dapat dilewati oleh kendaraan beroda 2 hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 3000 sepeda motorsudah bisa melewati jembatan ini untuk sampai ke tujuannya.

DSC04573mentari di selat madura

DSC04576mengingatkan saya pada Pasopati😛

setelah melewati jembatan terpanjang di Indonesia ini, kami diantar menuju stasiun semut untuk melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya. sesampainya di stasiun kami langsung membeli tiket KA Rapih Dhoho jurusan Surabaya-Malang via Kediri. tepat pukul 08.00 kereta bergerak meninggalkan stasiun menuju kota tujuan kami, Kediri. perjalanan menuju kediri menghbiskan waktu sekitar 3,5 jam . dengan melewati beberapa stasiun besar diantaranya Wonokromo, Mojokerta, Jombang, Kertosono dan akhirnya sampailan kami di kota kretek Kediri. sesampainya di stasiun kediri kamipun langsung mencari tempat untuk mengisi perut. Kami pun memilih soto daging khas kediri sebagai menu makan siang kami. warung soto ini berada di jalan stasiun beberapa meter sebelah selatan stasiun.

7921_1173169982520_1626152387_435291_5688812_ntertidur di KA Rapih Dhoho

setelah mengisi amunisi perut, kamipun bergegas menuju masjid Al Hikmah 500 m dari stasiun sebagai tempat istirahat kami, kami akan mengakhiri petualangan kami di Jawa Timur ini di Kediri, sambil menunggu keberangkatan kereta ke Bandung kami gunakan waktu yang tersedia untuk beristirahat dan packing barang-barang yang kami bawa. saya sendiri sempat berjalan-jalan di tengah kotauntuk mencari ATM BNI yang sama sekali gak saya temukan !!!..cukup rame dan cukup terik juga suasana kota Kediri, nampak penjual soto daging dipinggir-pingir jalan dipenuhi para pembeli yang ingin mengisi perutnya, tampak juga pedagang petis yang dikerubungi (lalat kaliii) pembeli. setelah berkeliling cukup lama saya kembali ke masjid Al Hikmah untuk bersiap- siap berangkat menuju Bandung.

7921_1173170022521_1626152387_435292_8330976_nmelepas dahaga dengan segelas es degan🙂

tapat pukul 14.30 kami bergegas dari masjid dan sebelum masuk stasiun kami menyempatkan meneguk segelas es degan sebagai pengobat rasa haus kami😀 setelah itu kami masuk stasiun dan membeli tiket KA Kahuripan jususan Kediri-Padalarang via Bandung seharga Rp 36.000. tepat pukul 15.32 KA Kahuripan melaju meninggalkan kota kediri untuk mengantarkan kami menuju kota Bandung.

DSC04590stasiun kediri , our adventure finished here…

Alhamdulillah, dalam empat hari perjalan kami tidak terdapat masalah yang menghambat, thak’s to Agung, Iqbal, Ferdi dan Tyo yang udah meramaikan acara jalan-jalan ini🙂

4 responses to “ekspedisi jawa timur part 3

  1. Tri Setyo Wijanarko

    This post is worthless without pics😆

  2. blum gue ulpod boy!! sabarlaahhh

  3. nice trip hmmm??

  4. waa subhanallah keren bgt kak! bolang bolang hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s