it’s my Final Project time

taun ini merupakan tahun ke empat saya menuntut ilmu di kampus saya tercinta, artinya kalo secara kalender akademik ini merupakan tahun terakhir saya disini. Lulus gak sekedar lulus, harus ada sesuatu yang saya kerjakan buat memenuhi syarat kelulusan yaitu Tugas Akhir

sengaja saya mengambil tema tugas akhir saya di  sub jurusan Kimia Fisik, karena bagi saya ilmu kimia yang ditinjau dari aspek fisika akan lebih mudah diaplikasikan sencara riil dan lebih mudah dimengerti. Adapun penelitian saya mengambil tema tentang polimer, Polimer merupakan senyawa yang banyak diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari misalnya plastik, karet, kain tekstil dan lain sebagainya.  penelitian saya lebih menjurus pada polimer yang diaplikasikan untuk optimasi produkasi minyak dalam reservoir.

secara garis besar, polimer yang akan menjadi bahan tugas akhir saya adalah polimer  (polimernya gak usah dikasih tau dulu lah yah masih rahasia hehehe) yang dapat meningkatkan viskositas air dalam reservoir sehingga ketika proses drilling berlangsung minyak sekunder (minyak yang terdapat pada sela-sela bebatuan dalam reservoir) dapat terdorong oleh keluar suatu fluida yang lebih viskos (kental) dari minyak tersebut sehingga minyak sekunder tersebut akan berkumpul dan dengan mudah diangkat melalui proses mekanik biasa.

ada beberapa yang harus saya perhatikan dalam pembuatan polimer ini, yaitu pengaruh  suhu (T) dan tekanan (P) dalam reservoir. karena di dalam reservoir tersebut T dan P sangat tinggi maka polimer harus didesain sedemikian hingga agar polimer yang terbentuk tahan terhadap keadaan P dan T yang tinggi. Selain itu juga komposisi dari polimer perlu diperhatikan mengingat antara satu reservoir dan reservoir lainnya mempunyai keadaan yang berbeda.

dalam menyelesaikan Tugas Akhir saya, kemungkinan besar saya akan menggunakan dua tempat kerja yaitu Laboratorium Kimia Fisik dan Material di program studi saya dan Laboratorium Enhanced Oil Recovery di program studi teknik perminyakan.

Bismillah, semoga dalam penyusunan tugas akhir saya tidak banyak menemui kesulitan dan selalu diberikan kemudahan dalam pengerjaannya. Amiiiinnn

Cepet kerjain, biar cepet lulus !!!!!!!!

2 responses to “it’s my Final Project time

  1. Tri Setyo Wijanarko

    good luck ya broo.. moga cepet lulus cepet jalan2 lagi :p

  2. hohoho thanks broo…iyee mau konsen dulu TA then..travelling till drop😀

Tinggalkan Balasan

