let’s talk about Lok CC204

CC20413

CC204 angkatan kedua

ID_diesel_loco_CC_204-06_060403_2512_mri

CC204 angkatan pertama

lokomotif seri CC204 merupakan jenis lokomotif yang dibuat atas kerjasama GE Lokoindo (General Electric Lokomotive Indonesia) dengan PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun. Lokomotive ini terbagi menjadi dua seri. Seri pertama merupakan lokomotive dengan design mirip dengan lokomotive seri CC201 buatan PT GE Lokomotive Indonesia sedangkan seri kedua merupakan lokomotive dengan design mirip dengan seri CC203. untuk saat ini lokomotive ini adalah lokomotive tercanggih di Indonesia dengan sistem komputerisasi didalamnya. komputer yang ada didalamnya digunakan untuk menyetel setting dari perangkat yang ada didalam lokomotif serta melihat situasi pada lokomotive. Loko ini mempunyai sistem komputerisasi yang dapat memitigasi kerusakan 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi.

keunggulan lokomotive ini adalah daya tariknya yang sangat kuat, jika seri CC201 hanya bisa menarik gerbong sekitar 10 gerbong, seri CC204 ini bisa menarik gerbong hingga 15 gerbong dengan kecepatan 120 Km/jam. Lokomotive ini cocok untuk berlari pada medan yang menanjak. untuk seri CC204 01 – CC204 07 design nya mirip dengan design CC201 yang berhidung pendek (short hood) sedangkan untuk CC204 08 – CC204 15 design nya mirip dengan seri CC203 yang tanpa hidung.

DSC04356

Lok CC204 yang menarik Parahyangan

Cc_20414_7

CC204 yang sedang menarik rangkaian Argo Gede

saat ini lokomotive jenis ini hanya ada di DIPO Bandung, Jatinegara dan Yogyakarta. DIPO bandung memiliki jenis seri lokomotive ini paling banyak karena kondisi geografis Kota Bandung yang berada di cekungan diantara pegunungan, sehingga track dar Bandung ke Jakarta atau sebaliknya ataupun track dari bandung menuju daerah timur atau sebaliknya merupakan track yang didominasi oleh perbukitan yang mempunyai track yang menanjak sehingga diperlukan lokomotive yang cukup kuat untuk menarik gerbong yang membawa penumpang dari dan menuju kota Bandung.

semoga dengan bertambahnya jumlah lokomotive seri ini dapat meminimalisasi kecelakaan karena lokomotive seri ini telah mempunyai sistem komputer yang cukup canggih sehingga bisa memitigasi kerusakan di awal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s