mendadak cianjur

hari ini iseng-iseng main ke cianjur sekalian ngisi liburan semester..mblusukan kali ini bener-bener spontan tanpa rencana bahkan bisa dibilang ketika di jalanpun saya masih blank..cuma bermodal niat buat nyicip kereta lokal cianjuran (atau klo kata anak2 Railfans sih “Argo Peuyeum”) saya pun akhirnya pergi ke cianjur walopun sebenernya masih agak cape setelah 3 hari sebelumnya berkelana di Jakarta

berangkat dari tempat kakak saya di cimahi dan dengan berbekal uang 30rb (itupun pemberian kakak :P) saya menuju stasiun cimahi, saking semangatnya jam setengah 8 saja saya sudah berada di stasiun, loket dibuka jam 08.15 tepat 5 menit sebelum kereta tiba..setelah membeli karcis seharga Rp 1500 saya stand by di jalur tempat datangnya kereta

starting point stasiun cimahi

starting point stasiun cimahi

oiya…perjalanan saya ke cianjur sebenrnya datang dari niat pengen nyicip kereta api Argo Peyeum..wait, jangan membayangkan kereta ini sejenis kereta argo gede atau argo wilis ya..bukan itu sodara!!! Argo Peuyeum ini merupakan sebutan anak2 Railfan’s buat kereta api lokal Cianjuran. kereta ini cukup unik karena kereta ini ditarik oleh si mungil BB 301 17 dan hanya membawa 2 rangkaian kelas ekonomi saja, so why it’s named Argo Peuyeum?? jadi ceritanya beberapa tahun kebelakang kereta ini dijadikan alat transportasi para pedagang peuyeum (tape) dari cianjur menuju bandung (pasar Ciroyom) selain alasan faktor harga kereta ini juga menjadi transportasi masyarakat pedalaman Rajamandala, Cipatat, Tagog Apu yang akses jalannya masih sangat minim. akan tetapi sekarang kereta ini bukan hanya milik pedagan tape saja tetapi juga masyarakat (termasuk pedagang sayuran, buah-buahan dll) yang hendak menuju Bandung dari Cianjur atau sebaliknya dengan paket sangat ekonomis *bisa dibandingkan harga bis Bandung-Cianjur sekitar 15-20rb sedangkan kereta hanya 1500 jadi bisa hemat beratus-ratus persen*. keunikan lain dari kereta api ini juga adalah sifatnya yang seperti angkot bisa bersenti dimana saja, saya sempat kaget di daerah antara tagog apu dan cipatat, saat itu kereta tiba-tiba berhenti dan “blluugg” sebuah karung berisi barang belanjaan terjatuh diiringi beberapa penumpang yang turun padahal tidak ada stasiun di daerah itu, selain itu juga beberapa kali kereta berhenti di tengah perjalanan untuk menaikan penumpang. saya cukup menemukan “keunikan” sisi lain perkeretaapian di Indonesia

ini dia si mungil BB30117 loko Argo Peuyeum

ini dia si mungil BB30117 loko Argo Peuyeum

perjalanan yang memakan waktu sekitar 2,5 jam ini bener-bener membuat saya terpesona akan keindahan alam bumi priangan, bagaimana tidak disepanjang jalan saya disuguhkan pemandangan-pemandangan keren..liukan gunung-gunung kecil (lebih tepatnya bukit kali yah) hasil letusan gunung sunda, hijaunya hamparan sawah dan ladang, juga pesona sungai cisokan dan citarum  yang membuat saya terkagum-kagum. saya berdiri di pintu kereta *which is my favourite spot* jadi saya bisa langsung menyaksikan keindahan tatar sunda ini… memasuki daerah Cianjur pesona Gunung Gede-Pangrango menyambut saya dari kejauhan, puncaknya yang menjulang tinggi tidak nampak karena tertutupi balutan tebalnya awan…

setelah menepuh 2,5jam perjalanan akhirnya saya tiba di kota cianjur..okay food hunting is begin !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

stasiun cianjur

stasiun cianjur

sengaja saya keliling-keliling kota dulu biar energinya terkuras jadi kapasitas perutnya bisa membesar hehehe (ga nyambung yah) keliling daerah alun-alun ajah sih biar gak terlalu lama biar gak ketinggalan kereta….

1. GECO

setelah cukup berkeliling-keliling saya mulai perburuan makanan saya dengan GECO yang merupakan singkatan dari Toge dan Tauco. makanan ini sekilas mirip kupat tahu tapi bedaaaaa…baik dari komposisi maupun rasa, dari Komposisinya jelas terdiri dari toge sebagai komposisi utamanya, ditambah dengan mie kuning, potongan ketupat, tahu dan kentang. klo kupat tahu itu ber-saus-kan kacang GECO ini dibanjur sama saus tauco..soal rasa hmm..jujur yah agak aneh (mungkin karena belum biasa) agak2 asem rasa tauco gitu..tapi yang jelas ini makanan ENAAAAAAAAAAKKK PISAAAN..highly recommended klo ke cianjur (btw ini juga sebenernya jadi makanan khas kota sukabumi lho). GECO ini ada di Jalan Siti Jenab..beberapa meter arah utara mesjid agung. harga sepiring GECO ini Rp 5000 sahajah.

GECO pak Iding

GECO pak Iding

2. LAKSA

setelah sukses melahap sepiring GECO saya kembali hunting makanan, kali ini melintasi Jalan Mokh. Ali, saya nemu Laksa..yup saya kemudian duduk dan memesan semangkuk laksa. LAksa ini terdiri dari toge *again???subur banget yah gue*, bihun, telor, ketupat, tahu, oncom,kerupuk, juga daun kemangi dan disiram dengan kuah bumbu kuning. Rasanya ENAAAAKKK BANGEEEET kuahnya gurih pisan, trus daun kemanginya bikin sensasinya beda *apeee lagiii* dalam 10 menit semangkok Laksa udah sukses dihabisi. harga untuk semngkok laksa Rp 3500 saja *muraaaaahhh kaaaan???*

Laksa jalan mokh. ali

Laksa jalan mokh. ali

3. ASINAN BUAH

berjalan beberapa meter dari tempat Laksa saya menemukan asinan buah khas cianjur. Gak mau kehabisan saya mesen seporsi asinan buah. Rasa manis buah bercampur asem kuah toge *toge lagiii???* bikin badan jadi suegeeerr, mata melek dan hati senang😛 seporsi asinan buah dihargai Rp3000 saja *awass klo dibilang mahal !!!!*

asianan buah yang bikin suegeerr

asianan buah yang bikin suegeerr

setelah melahap asinan waktu sudah masuk waktu solat dzuhur sayapun menghentikan dulu perburuan makanan, saya bergegas menuju masjid agung cianjur untuk melaksanakan hak saya bertemu sang pencipta🙂

4. BATAGOR

setelah selesei sholat dzuhur, perburuan makanan kembali dilakukan..kali ini sasaran saya batagor depan taman kota, batagor mungkin dah gak asing lagi di kalangan masyarakat bandung, singkatan dari baso tahu goreng ini terdiri dari aci (tepung kanji) yang ditambah gilingan ikan tenggiri trus ditempelin ke tahu atau pangsit..tapi ada sedikit perbedaan antara batagor yang sering saya jumpai di Bandung dengan batagor yang dijual di Cianjur ini, klo di bandung batagor yang dijual ukurannya relatif besar-besar sedangkan disini batagor yang dijual berukuran relatif lebih kecil dan yang paling beda adalah batagor yang dijual disini disajikan dengan menggunakan ketupat..jadi seporsi batagor saja udah bikin perut terasa kenyang…..harga seporsi batagor plus ketupat ini dibandrol Rp 2000 saja… *ada yang ga setuju klo ini murah??gue gampar !!! :P*

*maaf gak sempet difoto*

5. SUSU MURNI

jam telah menunjukan 12.25 lalu saya bergegas menuju stasiun..di tengah perjalanan menuju stasiun saya menemukan penjual susu murni…lumayan buat oleh-oleh..saya pun membeli setengah liter susu murni dengan harga Rp 3000 saja…

susu murni

susu murni

6. KENTANG STEAK (STICK)

setelah mengantongi sebungkus susu murni saya kembali melanjutkan perjalanan menuju stasiun, beberapa meter sebelum stasiun tapatnya di Jalan Yulius Usman ada penjuan steak kentang, saya penasaran seperti apa sih rasa steak kentang itu..bayangan saya adalah steak macem daging steak tapi tebuat dari kentang yah mirip-mirip burger tempe lah…tapi ternyata steak kentang itu adalah kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan dibumbui oleh berbagai rasa…*oaalaah itu mah bukan steak atuh kang…tapi stick…buahahha saya tertipu..huffhh* tapi saya gak nyesel beli sebungkus steak (stick) kentang seharga Rp2000 karena selain rasanya enak, makanan ini juga menjadi teman saya kala menunggu kereta beranjak dari stastiun.

kentang steak..eh stick..

kentang steak..eh stick..

pukul 12.50 semboyan 35 dibunyikan kepala stasiun, dan “Argo Peuyeum” pun..beranjak meninggalkan stasiun Cianjur menuju Ciroyom Bandung………

mari kita hitung pengeluaran saya jalan-jalan di Cianjur

ongkos kereta Bdg-Cianjur PP… Rp 3000

makan GECO… Rp 5000

makan Laksa … Rp 3500

asinan buah … Rp 3000

batagor … Rp 2000

susu murni … Rp 3000

kentang steak … Rp 2000

jadi totalnya Rp 21.500…wow murah pisan kan !!! udah jajan berbagai macam jajanan pulak😛

perut kenyang hati senang…………………..!!!

17 responses to “mendadak cianjur

  1. jiz buset,, mau banget tuh.. tar kalo ane balik ajak2 dong!

  2. hahahhah..iyo iyo..hayu nanti klo elu balik ke indo, gue ajak kemanapun elu mau dah😛

  3. lo jeprat jepret pasti pake kamera eci kan??

  4. kenyang sob, pengen neeh ikut. aduh jadi honger juga dah. kirim kesini lewat email ya

  5. moda transportasi paling murah di negeri ini sepertinya memang kereta ekonomi.:mrgreen:

    btw jadi pengen melihat cianjur lagi. kota ini nyimpen kenangan khusus bagi saya.. waktu study tour SMA dulu. sumatra-jawa.😀

    • yap..kereta masih jadi moda transportasi andalan bagi yang kantoongnya pas-pasan (termasuk saya :D)

      beuh..kenangan khusus!! *sensor* hehhehe

      makasih dah mampir🙂

  6. IDih
    aku jadi laper ngeliat makanannya!!
    hua beruntung sekali jadi cowo!!
    bisa pergi kemana saja angin membawa hahaha😀

    • *beruntung sekali jadi cowo!!*

      dunia travelling gak membatasi gender lagi neng!! yang penting mah kemauan plus tekad yg kuat..klo ga ada itu mana mungkin bakal ada trinity traveller🙂

  7. wiiiw… byk bner makan lu ha.. tapi murah bgt yaa
    btw itu susu murni beneran buat oleh2? curiga dah abis pas nungguin kereta..

    duuuh kangen naik kereta lagi.. kpn ya? huhu

  8. Perjalanan yang praktis , Murah Meriah ala Kere Hore..Lanjutkan Perjalananmu Anak Muda!!!

    • hahhah iya mbak..emang buat hati senang itu gak usah keluar duit banyak kok..tergantung kita ngakalin aja😛

      makasih dah mampir🙂

  9. Thanks info jalan2nya ya.sebenarnya ga sengaja liat blogmu.

  10. “masyarakat pedalaman Rajamandala, Cipatat, Tagog Apu yang akses jalan”, abdi salah sawios na kang.. Wuah.. salam kenal, abdi orang Rajamandala-Cipatat!!,
    mantaf blognya kang.. Saya jg kpengn mulai jadiin traveling sbg hobi ah.. 🙂

  11. judulnya iya mendadak Cianjur
    saya mendadak lapar . . .
    mau saranin, kalau bisa jangan cuma makanannya doang. biasanya di kereta banyak tingkah -tingkah orang yang aneh-aneh. maju terus, lah pokoknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s