backpacking ke Bali kurang dari 500rb? Bisa kok..!!!

adalah bang Marvin Sitorus, teman maya saya di milis indobackpacker.com yang menginspirasi saya melakukan perjalanan amat sangat hemat ke Bali. Dia hanya menghabiskan 500ribu rupiah saja untuk bisa berkeliling Bali. dari cerita beliau, saya berniat melakukan perjalanan serupa dan tentunya dengan tekad mengalahkan rekor 500rb itu..Pada awalnya agak ragu juga mengingat bali yang sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia, tapi niat yang kuat mengalahkan segalanya (aiiihhh bahasanya bo!!)

berangkat hari senin, dengan menggunakan KA Kahuripan saya dan Dedy Agus Setyawan, berangkat menuju stasiun Lempuyangan dengan membayar tiket seharga 24rb kami sudah bisa diantar sampai dengan stasiun lempuyangan , Jogjakarta. Istirahat sebentar (makan+ngopi di Angkringan) jam 7.30 lanjut dengan KA Sri Tanjung tujuan Banyuwangi dengan harga tiket 35rb. Jam 22.30 kami tiba di stasiun Banyuwnagi baru kami istirahat sebentar, kemudian berjalan beberapa meter menuju pelabuhan, sebelum menyebrang,kami mengisi perut dulu dengan seporsi nasi dan ayam goreng seharga 8rb. setelah kenyang kami membeli tiket ferry seharga 6rb saja dan berangkaaaattt…..perjalanan memakan waktu 45 menit untuk sampai di pelabuhan Gilimanuk, Bali.

akan melakukan perjalanan ke Timur mengambil kitab suci

akan melakukan perjalanan ke Timur mengambil kitab suci

tiba di Gilimanuk udah sepiiiiiiii banget *ya iyalah jam 1 pagi* ada bus tujuan Denpasar lagi nangkring, tanpa basa basi langsung naek tapi nunggunya agak lamaa (aroma sesajen dalam bis membuat saya terantuk dan tiduuur) dengan harga 25rb kami bisa tiba di terminal Ubung, Denpasar dan langsung mencari mushola buat sholat subuh (duh susah bener nyari mushola mana harus berhadapan dengan 5 ekor anjing yang gede-gede lagi huuff)

Yess..We’re in Denpasar now!!!! *jingkrak-jingkrak sambil nyanyi Lagu Denpasar Moon a’la kembar srikandi* dari terminal Ubung ngangkot sampe terminal Tegal (gue yakiinn klo supirnya muter2) makannya kita ditarik 6rb (kata orang2 biasanya 3rb doank)..nyampe Tegal lanjut ke Kuta pake angkot jurusan Tuban ongkosnya 6rb..nyampe di Kuta luntang-lantung kayak gembel, nyari Penginapan ditolak terus..tapi akhirnya kami menemukan Losmen Arthawan seharga 50rb semalem (karena be2 jadi seorangnya bayar 25rb saja) tapi blom bisa ditempatin karena blum pada check out..yasudah sambil nunggu check out, kami pergi nyari rentalan motor dan dapetlah Motor Mio seharga 40rb sehari (kita sewa buat 2 hari) sambil nunggu siang, kita langsung meluncur ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, beli tiket 25 rb, foto-foto, masuk toilet ikut mandi, beli udeng *yess akhirnya gue punya udeng* dari situ mau ke Tanah Lot, salah jalan akhirnya malah ke Seminyak..karena desperate akhirnya balik  ke penginapan *lagian udah gak enak sama badan yang lengket*

sedang di GWK (tapi bukan ini patung GWK-nya)

setelah siang kami balik ke penginapan, dan langsung bersih-bersih..lanjut jalan  dan mampir sebentar  ke warnet buat nge-print peta Bali, dari situ Lanjut ke Sanur, gak bayar tiket masuk cuman bayar parkir doank 1000, jalan2..liat bule berbikini, liat bule lagi berjemur sambil topless *astagfirulloh padahal mah seneng* dan gak lupa foto-foto, dari sanur lanjut ke Tanah Lot tapi salah jalan lagi akhirnya malah mampir ke Gianyar dan mampir ke Pasar Sukawati (beli ini itu sambill nawar abis2an..seruu!!!buat ibu2 pasti cocok deh sama tempat ini). beres dari Sukawati dengan tekad yang kuat buat ke Tanah Lot akhirnya nemu juga jalannya..melewati Denpasar menuju Tabanan dan akhirnya..tradaaaa..nyampe di Tanah Lot dengan tiket sebesar 8,5rb, liat sunset yang kereeeeeeeeeeeeeeeenn banget trus nyobain “air suci” yang ada di karang di bawah pura Tanah Lot. trus sempet diciprat2in air sama pendetanya dan ditempelin beras di jidat..hihi seru!!!

siang di sanur

sunset at Tanah Lot

udah malem, pulang ke losmen tapi sebelumnya jalan2 dulu di pusat kota Denpasar, ke pasar Malem Badung juga dan terakhir makan soto ayam di jalan raya Tuban. lalu balik menuju losmen di Popies II Kuta. kehidupan malem kuta emang ajeb-ajeb..ribut banget, untungnya losmen kami agak masuk ke gang jadi bunyi ajeb-ajebnya gak terlalu kedengeran….

hari kedua, jam8 pagi saat bule2 masih pada ngorok kita udah langsung check out dan segera meluncur menuju Ubud, di Ubud kita sempet jalan2 masuk Pasar ubud..Ubud emang lebih keren dari kuta..suasanannya etnik banget lah dan lebih Bali banget!! setelah mampir bentar di Ubud langsung cabut ke Kintamani..awalnya sempet ragu karena jalan menuju kintamani kecil dan menanjak *ragu antara salah jalan dan ragu sama si Mio bisa naek apa nggak* tapi ternyata setelah beberapa kali nanya sama orang2 disana jalannya emang begitu soalnya bukan jalan utama antar kota. beberapa kilo sebelum nyampe Kintamani ketemu mbak2 yang bawa sesajen..motor kita diberhentiin dan di doa-doain dulu..dan beberapa menit kemudian sampailah kita di kintamani.Bingung karena mau kemana, akhirnya langsung kita putuskan buat ke Danau Batur aja, yang emang dari jalan raya Singaraja-Bangli udah keliatan dari atas..dan meluncurlah kita ke Danau Batur..edaasss jalannya nikung dan turun-nanjak abis *makin kuatir sama si Mio* tapi hajar terus gan!!! dari kejauhan aja kombinasi Gunung Batur dan danau batur udah ajiib apalagi dari deket sumpahhh kereeen pisan!! dan hebatnya gak ada tempat pemungutan duit artinya kita bisa masuk dengan gratis..tiss..tiss.. hoyohoohoh, sempet nyemplung bentar di Danau Batur bentar merasakan segar dan dinginnya air danau…(oh iya sebenernya dari sini juga bisa nyebrang ke desa adat Trunyan tapi bayar lagi dan lumayan agak jauh) ..setelah puas di Danau Batur kami langsung pulang dengan rute yang sama menuju Ubud..sampe di Ubud kamipun menemukan plang berjudul Monkey Forest..penasaran akhirnya kita mampir dulu kesana (padahal mau ngejar ke Uluwatu) dan rindu kamipun terbalaskan..banyak kera2 berkeliaran disana, tempat itu memang dikeramatkan oleh masyarakat setempat konon disana tempat bersemayamnya dewa kera (hanoman)==>*yang lebih tau tolong benerin klo saya salah* setelah puas bermain dengan ratusan kera, kami bergegas menuju Uluwatu, si Mio emang sangat kooperatif, gak rewel..mau di gaspooll..sehingga kita bisa sampe Uluwatu tepat pada waktu yang udah direncanakan. Masuk Uluwatu hanya dikenakan biaya parkir doank seharga 3rb, Uluwatu emang keren, pantainya masih biruuuu banget dan ombaknya gede, gak heran banyak bule2 yang nyoba surfing disini..gak lupa foto-foto, kami puas-puasin di Uluwatu..setelah puas, kami lanjutkan perjalanan terakhir menuju Kuta untuk melihat sunset. melewati daerah Pecatu dan Jimbaran kamipun sampai di Kuta, matahari masih cukup tinggi dan kamipun mengembalikan dahulu si Mio ke pemiliknya..dan menuju kawasan Legian untuk melihat monumen Bali Bomb di legian jalan-jalan bentar berlagak kayak orang banyak duit heheheh..foto-foto bentar dan setelah matahari agak condong kami langsung bergegas ke Kuta untuk menikmati Sunset. Sunset di Kuta emang keren walopun pantainya gak keren soalnya banyak sampah *tapi paling gak, gak kayak Ancol lah hehehe*

welcome to Kintamani Danau Batur

at Monkey Forest, Ubud

pesona Uluwatu

monumen Bali Bomb at legian

last but not least..Sunset at Kuta

sunset kuta menjadi penutup acara kami di bali, saya dan Dedy Agus pun bergegas menuju terminal Ubung, hmm..Denpasar emang kurang bersahabat dengan backpacker kere kayak kita, angkotnya dikiiittt banget sampe-sampe kami harus jalan dari Kuta ke Terminal Tegal, disini akhirnya ada yang menawarkan angkot menuju terminal Ubung, setelah tawar menawar kamipun dapat harga 15rb untuk 2 orang sampe terminal Ubung..lumayan lah daripada jalan kaki..gempoor!!!

nyampe di terminal, kamipun langsung diserang preman terminal saya dipepet preman sambil ditodongkan senjata (saya gak tau itu tapi saya yakin itu pisau), sedangkan teman saya Dedy Agus dipepet 3 orang preman..kami digiring menuju sebuah agen bus, dan kami dipaksa untuk menaiki bus tersebut..kami diberi harga 65rb ke Sampai Ketapang, Banyuwangi tapi saya nego dan kamipun sepakat 50rb sampai Banyuwangi (karena saya pikir, nyawa kami lebih berharga walopun harus merogohn kocek lebih besar 2x lipat) untunglah Bus-nya cukup nyaman sehingga saya bisa tertidur sampai Gilimanuk, kami putuskan untuk turun di ferry dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Banyuwangi dengan berjalan kaki *soalnya deket* sampai di ketapang jam 02.00 dan kami langsung membeli bekal untuk perjalanan besok pagi. tak lupa kami pun mengisi perut dengan seporsi Nasi kari ayam plus teh manis seharga 8rb. tak ada mushola buka, pelataran stasiun pun bisa dijadikan tempat untuk memejamkan mata. sampai jam setegah 5 stasiun buka, dan kami masuk ke stasiun (paling nggak tidurnya jadi lebih nyaman karena bisa tidur di kursi) jam setengah 6 kami membeli tiket menuju Stasiun Lempuyangan Jogjakarta seharga 35rb. tepat pukul 6 kereta meninggalkan stasiun Banyuwangi Baru, pukul 14.30 kami sampai di stasiun Surabaya Kota dan dari sini kami satu gerbong dengan para Bonek(supporter Persebaya, Surabaya) yang akan menuju Bandung via Jogjakarta. Sialnya berada satu gerbong dengan Bonek di daerah Solo kereta yang kami tumpangi dilempari batu oleh oknum tak dikenal..suasana di keretapun menjadi chaos..mirip film2 pembajakan kapal oleh terroris, semua penumpang menunduk sambil berteriak-teriak..seru lah pokonya mah, serasa lagi maen film action!!!! Pelemparan pun berhenti sampai stasiun Purwosari. dan kamipun bisa melanjutkan perjalanan dengan tenang. pukul 22.40 kami tiba di stasiun Lempuyangan, Jogjakarta. kamipun memutuskan untuk bermalam di stasiun.

Alhamdulillah walopun cuman tidur di bangku tunggu penumpang, kami pun bisa memejamkan mata dengan sangat pulas. dan terbangun pukul 5 pagi. kamipun menyempatkan mandi di Stasiun, setelah selesai..kami keluar stasiun dan mencari sarapan ke arah Malioboro. sarapan angkringan di Malioboro. setelah sarapan kami menuju Candi Prambanan dengan menggunakan Transjogja dengan 3rb saja kami sudah bisa diantar sampai depan komplek Candi. bayar tiket masuk seharga 17,5 rb kami berputar2 komplek Candi. Hmm..proud to be Indonesian karena kita punya Warisan Dunia berupa candi Hindu terbesar yang telah diakui dunia, selain candi Prambanan, masih terdapat di kompleks tersebut, candi Sewu yang merupakan candi Budha, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Auditorium serta Museum Prambanan. bermain ke tempat bersejarah membuka wawasan kita akan bangsa ini. setelah puas di Prambanan kami pun kembali menuju Malioboro dan solat serta leyeh-leyeh dulu di Masjid DPRD Yogyakarta, setelah melepas lelah kami lanjutkan ke Benteng Vredeburg dnegan tiket masuk 750 rupiah saja kita sudah dapat menyaksikan sejarah bangsa tentang pemindahann ibukota ke Jogjakarta serta masa-masa perebutan kembali kemerdekaan Indonesia atas penjajah. selesai wisata sejarah, saya dan Dedy Agus Setyawan beranjak menuju pasar Bringhardjo untuk membeli beberapa buah batik. Pasar ini emang tempatnya tawar-tawaran batik..bisa beli skala grosir maupun eceran, asal bisa nawar harga murahpun bisa di dapat. setelah mendapatkan beberapa helai batik kami pun mengisi perut dengan seporsi nais gudeg dan es jeruk seharga 11rb. dan kamipun menunggu maghrib di Masjid DPRD Yogyakarta. setelah solat kami bergegas menuju stasiun Lempuyangan dan membeli tiket KA Kahuripan jurusan KiaraCondong seharga 24rb. Jam 21.30 kereta masuk stasiun dan 5 menit kemudian kereta beranjak meninggalkan kota Jogjakarta menuju kota Bandung.

Beautiful Prambanan Temple

Kirab at Malioboro street

sekarang mari kita rinci biaya perjalanan :
Bandung-Lempuyangan 24.000
Lempuyanagn-banyuwangi 35.000
Banyuwangi-Gilimanuk 6.000
Makan malem di Ketapang 8.000
Gilimanuk-Denpasar 25.000
Denpasar-Tegal 6.000
Tegal-Kuta 6.000
Losmen (50.000 dibagi 2) 25.000
Motor (40.000 perhari dikali 2 dibagi 2) 40.000
Tiket GWK Cultural Park 25.000
Warnet+print Peta Bali 5.000
Parkir sanur 1.000
Roti+Aqua buat makan siang 5.000
Tiket Tanah Lot 8.500
Makan malem Soto Ayam 8.000
Tiket Monkey Forest 15.000
Roti+Aqua buat makan siang 5.000
Parkir Uluwatu 3.000
Bensin si Mio (4x@10.000 dibagi 2) 20.000
Angkot Tegal-Ubung 7.500
Denpasar-Ketapang 50.000 (gak ikhlas)
Makan malem Kari Ayam 8.000
Bekel Roti+Aqua 6.000
Tiket kereta Banyuwangi-Lempuyangan 35.000
makan Nasgor di kereta 6.000
Makan malem Nasi+usus+sayur di jogja 3500
TransJogja 3.000
Sarapan Angkringan 3.000
Tiket Prambanan 17.500
Transjogja lagi 3.000
Museum Vredeburg 750
Makan siang Gudeg 11.000
Tiket Lempuyangan-Bandung 24.000
sisanya gratissssssssssssssss………….

Total pengeluaran adalah….456.750 rupiah

sebenernya banyak yang sangsi dengan biaya yang dikeluarkan..bahkan ada yang bilang gini “500 rb ke bali? mau jadi gembel beneran??” tapi dengan tekad dan niat yang kuat saya bisa buktikan klo uang itu bukan masalah buat saya. yang penting mental yang kuat. dan Alhamdulillah disana saya tidak menemui banyak kesulitan..saya seperti turis normal pada umumnya maksudnya ga gembel-gembel amat😀

perjalanan yang menguras banyak waktu serta tenaga. Capek? pasti capek..tapi semua itu terbayar dengan hal-hal unik serta pengalaman yang gak pernah bisa dibeli dengan uang🙂

says a lot of thank’s to : Allah SWT yang telah melindungi perjalanan saya dan teman saya, nikmat sehat yang diberikan..AllahuAkbar !!!!…Dedy Agus Setyawan yang telah menjadi teman seperjuangan menaklukan kejamnya Bali…hahah pokonya hidup jablay  !!!…si Cantik Mio Merah, makasih gak rewel dan makasih atas koorperasinya, geberan-nya mantaff, melesatnya luar biasa…dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu *sambil ngelap ingus…*

semoga tulisna ini bisa menginspirasi. Matur Suksma🙂

foto-fotonya bisa diliat di sini

182 responses to “backpacking ke Bali kurang dari 500rb? Bisa kok..!!!

  1. Tri Setyo Wijanarko

    wedehh udah nyampe bali aja broo.. tapi mana ne poto2nya? terutama bule2 yang pake bikini, monokini, atau sejenisnya.. hahahahhaha😛

    • hehehhe..iya kmaren, iseng2 itu juga😀

      foto2nya blom diuplod bro..masih capek, ntarlah tunggu saja kehadirannya..besok juga udah kuapload hehhe

      jah elah..cuman mau liat yang berbikini doank!!!!wakakkaka..mau yang topless?? jangan ah, ini mah koleksi pribadi wakakkakakka

  2. Ms. .ms. .aq m tmn2 q pny niat backpackeran jga k’bali dr jogja kr2 blan juli. .itu bnran 500rb kan y?kta pelajr soalx. .thx alot. .infox b’gna bgt, n nambh pngn hasrat backpackeran k’bali. .XD

  3. Ehehehe. .thx ms. .doakan sja jd n skses. .ni first trip ala backpacker yg prtma bwt aq. .X)

  4. bagi topless dunk kakak,,hehe,,dibungkus and dikasih pass,,awak tunggu aplotan topplessnye (ngarep),,hehehe

    BTW,,great trip bro!!

  5. hihihihi,,sip lah😛

  6. Untuk backpackers yang satu ini aku acungkan dua jempol…kaki

  7. mantap dah bung..next time make it sure that I will join

  8. Halaaaah…baca tulisan ini jadi makin semakin makin makin pengeeeen ke Bali…Haduuuuh Aceh jauh beneeer dari Bali!!

  9. nti malam aq jg mo brangkat ke bali, backpackeran(kayaknya seru) jg ma suami :”>
    ngrencanain baru selasa kemarin.brangkat dr surabaya naik bis malam
    semoga selamat pe pulang aja deh..
    thax ya bwt infonya…

  10. hebat bro………pengen ky gtu dong boleh minta no tlp g buat panduan lsngnya…

  11. dha itu lo nginep di Losmen Arthawan adanya di poppie lane 2 yak? itu sekamar 50rb? gw besok minggu mau ke bali juga neh, sendirian aja tapi. hahaha

    • yoa..popis lane 2, biar deket masuknya dari jalan legian ajah jangan dari pantai kuta…kamarnya gede enakeun lah..ciee..maen sendirian wae, bini lu gak dibawa?? *sengaja lah ga bawa bini biar bisa lirik sana lirik sini*

      • iya ne dha, gw sendirian aja. bini gw jadi tour leader ke malang jadi gw juga ngabur mumpung libur hari tenang mau UAS. hahahaha…

        poppies lane 2 itu satu arah ya? jalan legian juga satu arah? gw dari airport soalnya, dapet tiket murah.. wakkakaka..

  12. Mantap keren keren keren. Sayang pakai ada acara ketemu preman kalau ga bisa lebih murah lagi. T O P

    • ahaha..ini marvin sitorus yang nulis backpacking 500 ke bali di milis indobackpacker kah?..wah ketauan sama masternya nih hihihihi.. btw, makasih tulisannya inspiring🙂

  13. tanpa sengaja ane ngeliat link blog agan adhadi di home saia [ karena blog agan di link mnjadi status dari salah satu temen saia]facebook saia . NICE TRIP gan !! ^_^

  14. Thanks the article for Bali,,,,,,,,,, I’ll go there soon with cheap money and joy my trip like you above——————-

    • thank for visiting my blog🙂

      wow..yo’re gonna go Bali? Enjoy the land of God..and have a great adventure then🙂

  15. mau tanya itu kereta ekonomi yang pergi dari bandung ke lempuyangan berangkat jam berapa??
    saya juga ada rencana ke Bali, mungkin akan mengikuti jalur seperti diatas🙂

  16. wah si adheee..
    karek nyadar urang uy..

    ke urang nanya2 di kampus we lah nya! huehehehhehe..
    eh maneh teh tos lulus can sih?

  17. wah2..
    ak jg pnya pngalaman yg mirip,, dr jogja naik mtr sendiri sih.
    dan gak lebih dari 400rb..
    nginepnya aja d pantai & trotoar…
    hahahhaha
    pngalaman unik lah jalan2 jky gini…

  18. thanks..ceritanya inspiratif banget aku jd berminat..mau dicoba ahhhaahhh…

  19. wuiihh mantab bang . . .abdi ge ti sunda garut mung nuju d bdg . .. rencana bade brangkut ti bdg . . . .pami aya jodona mah tos lebaran ayeuna kang . . .kmha bade angkat deui atuh???hehhehe

    d antos add fb na nizar_novian@yahoo.com

    biar lebih lanjut ngobrol na .. ..soal na perdana yeuh .. kudu ka planing pisan kang . .haha
    hatur nuhun akang . . .:))

  20. ceritanya menginspirasi.. walau pernah ke Bali di traktir Bos satu rombongan, tidak dapat kepuasan, cerita ini sangat menginspirasi saya untuk ke bali lagi ala backpacker… seru….

    penulisan ceritanya juga mantabbbb…

  21. broo… thanks baget nih buat infonya… boleh tanya?
    itu backpacking ke bali bulan apa dan tahun berapa?

  22. mo tanya nich….perjalanan tengah malam dari banyuwangi ke denpasar aman gak klo bwt cewek?? rencananya aq mau k bali br2 cewek2 tok…….

    • hmm..aman sih aman, tapi alangkah lebih baik jika ditemani pria, atau sebaiknya untuk wanita melakukan perjalanannya siang saja🙂

  23. sampurasun kang… saya ada niat buat pergi ke bali dari bandung nih.. haha pgnnya backpacking juga.. tapi sendirian nih.. haha kira-kira aman ga ya?? terus kalo dari terminal ubung ke jimbaran itu naik apa ya kang kira-kira? soalnya waktu itu temen saya bilang kalo naek taksi mahal haha😀 mohon pencerahan gan.. ^__^

  24. wah…hebat, mudahan2 tips ini bermanfaat buat bekal ke bali ala backpacker nanti…
    salut buat kang adhadi…

  25. Mas Adhi, mau tanya untuk no telp losmen nya ada?
    waktu disana mas pake pesen dl penginapan atau lgsng saja begitu tiba lgsng cari?
    saya ada rencana kesana untuk 30 Oktober ini.
    Plz advise nya..

    Thanks,

  26. mas . kira-kira klo perjalanan nya cwe smua gmn tu ? kira-kira aman ga ? cz aku tertarik ni sama pengalaman nya . mau ikutn coba jg :p

  27. wah, keren abis bos. saya sama teman saya mau backpackingan ke bali besok (padahal rencananya baru dibuat secara spontan kemaren).
    thanks banget atas tulisannya. bener2 ngebantu abis.

  28. wah asik keknya . kapan2 bareng ah bos ke bali . waktu itu ke bali pake pesawat guila mahal banget . pengen coba bacpakeran euy . soalnya lbh doyan gini , lebih terasa perjuangannya

  29. Waduuuh….asyik banget neh kayanya. Aku dan suami pengen bangen backpaker seperti itu. Mumpung blom ada buntut. Tapi serem amat ya pake acara ditodong preman kaya gitu. kuatir juga coz suami bukan orang indonesia hehehe. Niwei… seru banget tuh perjuangannya. SALUT!!!!

  30. kerenn…..
    gw m nak2 juga pengen backpakers…takut nyasar aja naek mtor jelajahnya…
    boleh ni reques posting peta yg jelazzz gang2 jlnya…
    seruuuuuu backpkers kalian….

  31. haduuh mas, tengkyu banget lah pokoknya… atas semua inpo-nya

    bulan ini rencananya aku ma temenku mo Bacpakers-an ke Bali….
    ane harap, moga aja tuh tarif ga berubah (walau berubah, mudah2an ga sampe nyekik leher…)..

    kalo ada tambahan, mohon dikasih inpo lebih mendalam lagi.
    semua inpo disini berguna buat petualangan ane ma konco-konco, mas…

    ok lah tengkyu, matur kesuwun sanget.. mas..

  32. inspiratif, gaya menulisnya juga oke,,,jadi pengen mecahin rekor,,wk,wk,wk.
    salam kenal,,,

  33. tulisannya bagus dan menginspirasi. Setidaknya merubah sudut pandang saya bahwa jalan2 itu tidak harus mahal..🙂

  34. keren banget bro…..tulisan ini inspiratif dan jadi salah satu referensi perjalananku……terimakasih..salam kenal

  35. wah pas banget aq mau backpackeran ke bali juga juni ini, kira2 masih bisa nyampe segitu gak ya biayanya? kalo mau ke lombok sekalian kira2 nambah berapa lagi mas? makasih infonya!
    oh iya itu berangkat dari bandung stasiun mana?

  36. wah wah.. saya tertarik banget bang.. eh bang kalau punya rencana mau jalan2 backpeck ke luar negeri (asia khususnya : dari kuala lumpur, thailand, vietnam dll.. yah asia tenggara dulu) dengan harga yang super duper hemat ajak saya donk bang… (wah udah sok kenal aja nie) ia bang… saya pengen neglihat dunia dengan cara saya bang.. tapi sayang nya ampe sekarang dari buku2 naked traveler ampe dress traveler yang udah saya baca belum saya praktekin bang.. baaru di hayalan.. ayo bang.. kalau punya rencana mau travel ke luar negeri dengan buget yang minimalis.. saya ikut.ttttttt // e-mail / Fb saya :sahdamnasution@gmail.com

    asli Indonesia..

    • wah klo untuk ke luar negeri jujur belum kepikiran walopun kawasan asia tenggara bisa dibilang low cost..sekarang sy lagi fokus sama indonesia timur..walopun mahal tapi udah bikin saya jatuh cinta heu2😀

  37. wah Indo Timur hehehe.. sudah pernah hehehe.. pengen yang lebih X-tream lagi heheh.. tapi sayang ya Indo Timur publikasi wisata untuk dunia sanag – sangat Kurang.. jadi yang dilirik dunia BALI bali bali bali bali lagi

  38. sekarang lagi di terminal ubung nih, minta tulung eta nyewa motorna dimana??(sarua ti bandung ehheheh)..
    di tunggu infona, ngabreeet..nuhun

  39. hai…seru tuh kayanya…ada yg ma kesana lagi ga dengan bujet yg sama….ikut donk

    • klo ke Bali lagi sih..hmm saya kurang tau kapan ke sana lagi tapi klo mau ikutan trip trip kita mah, silahkan aja gabung di group FB : Odong-Odong Traveller atau Share Traveller🙂

  40. mohon di kabari ya

  41. Tulisannya bagus sekali. jadi pengen nyoba juga dengan budget segitu.
    hhhmmm..tapi ini berarti total perjalanannya berapa hari ya?
    mau tau biar bisa kira2 ambil cuti ke kantor. hehehheh

  42. iwaw , keren abis !
    modal nekat itu mah ya kak😀
    iih aku mah pengen banget ke bali dari surabaya , modal tapi cuma ada 400 rb😦
    nb : ditambah takut nyasar ..

  43. Vebrine Mursidi

    Well done..
    Awesome..

    Aku honeymoon ke Bali aja di hitung hitung 2 juta buat transport sama nginep nya selama 3 hari..

    Great!

  44. Horeee… ternyata ada saksi hidup yg meng-amini “500rb” ga gembel di Balii..😀
    Rencana Juni ini mo kesana.. Mgkn bs lbh dr budget masnya, soalnya udh setaon lebih itungannya yahh??!
    Dari tlsn mas, paling gak udh bisa kira2 mo kemana aj..
    Suwun..

  45. gan ane mw backpackeran ke bali nih september 2011..klo ada yg minat kunjungi http://kask.us/9275019

  46. asss….. numpang komen,,,
    mas itu kan thun 2010, iya gak???
    kalo skrang beda jauh gak???
    sayyya pengen banget backpackeran ke Bali….

    • klo untuk akomodasi (penginapan, tiket kereta, makanan) saya rasa cukup stabil dan klopun naik ga akan signifikan..nah klo entry ticket saya ndak tau..tp tampaknya juga ga akan mengalami kenaikan yg signifikan🙂 selamat berpetualang

  47. mas mau tanya, itu penginapan kan taun lalu 50 ribu, diisi 2 orang, kalo diisi lbh bisa gak?? jadi patungannya lbh murah..terima kasih

  48. Aslmkm…salam kenal, saya mahesa dr Jakrta. Kebetulan skarang sedang da proyek di Cepu.. Niatnya ins.Allah bulan sept. saya mw ke Bali.. Cuma satu yg masih rada mengganjal di hati…. nyebrangin laut dari P.Jawa ke P.Bali berapa lama ya? Dan naik kapal/feri-nya safety gak sih?!?! Maklum,,ga bisa berenang bos…
    Thanks ya atas share-nya.
    Wslmkm.

  49. ihhh.. bikin ngiler mas…
    itu teh emg bener cm bw 500rb aja ato ada uang pegangan lebih mas?
    takutnya gk cukup..
    hehehe
    oiya,, tempat belanja oleh2 gitu dmn mas yg murah? minta rekomendasi dong..🙂

  50. Kayaknya sama nih selera kita, backpacking hemat. Ini mudik dari Denpasar ke Solo juga rencananya mau pake angkutan rakyat mas. Tapi was-was juga, kebagian tempat di bus & kereta apa enggak!

  51. Masbro, Mau tanya itu knapa sempet ditolak di bbrapa penginapan??
    Ke bali kira2 aman ga buat solo backpacker??
    Cari penginapan yg bersih dgn harga di bawah 100 ribu masih ada ga masbro??
    Soalnya ane mau nyobain backpacking ke bali sendirian, tapi ga se-ekstrim masbro sih (sampe tidur2 di stasiun/musholla segala)😀
    Thanks bgt tulisannya masbro. Sangat menginspirasi sekali.

  52. ajakan backpackeran ke bali 19 s/d 26 september 2011 cp, itinerary n budget’a bisa dilihat di http://semuaserba7.blogspot.com/2011/08/ajakan-backpacker-ke-bali.htmlat disini

  53. ajakan backpackeran ke bali 19 s/d 26 september 2011 cp, itinerary n budget’a bisa dilihat disini http://semuaserba7.blogspot.com/2011/08/ajakan-backpacker-ke-bali.html

  54. asw mas adhi..
    saya aji dari padang..saya terinspirasi sekali ama cerita mas adhi ini..
    ane ada rencana mau pergi backpackeran nya bulan mei 2012 ama tmen” ber 6.

    kira” biaya yang mas adhi keluarin pas pergi januari 2010 kmren masi segitu gak yaa ??
    soalnya kita mau berangkat dari padang ke jakarta pake pswat dlu..
    mkanya agak gede tuh ongkos ke jawa nya..
    nyampe bandung baru start backpackeran nya ngikutin jalur mas adhi…
    jadi mohon penjelasan n tipsnya mas..
    makasih sebelumnya

    • sebelumnya mohon maaf baru sempet balas, gini uda..klo biaya akomodasi di Bali setau saya relatif stabil kecuali kalo musim liburan atau saat2 peak season biasanya biaya akomodasi relatif lebih mahal, jadi cari waktu lagi low season untuk dapet harga yang ekonomis..Jangan takut melangkah, masih di indonesia ini dimana setiap warga masih banyak yg mau membukakan pintu rumahnya untuk disinggahi🙂

  55. jdi pingin nih mas bro kbali tpi rencanax sih lebaran taun dpn
    penginapan pada mahal g

  56. nice info, gan! hatur suhun… ngomong2 agan menghabiskan berapa hari ya dlm perjalanan ini? thanks.

    • makasih gan untuk kunjungannya, saya klo di balinya 2 hari malam, tapi klo sama total perjalanan sekitar 7 hari 6 malam😀

  57. kalo backpackernya dr jkt ke bali kira2 perlu budget berapa ya?

  58. kapan kapan ajak dong kita,,, keliling keliling nusantara dengan biaya hemat,, heee

    • waah coba gabung sama komunitas2 backpaker, bisa coba ke backapacker indonesia, indobackpacker, odong-odong traveller, petualang 24 dsb

  59. gan,,
    kalo skrg ksana masi bisa 500rb ga???

  60. mantapppp…100%

  61. wah, seru bro perjalanannya!. saya juga baru backpacking dari bali. kunjungi lapak ane ya gan http://adinugroho5.blogspot.com/2011/10/400-ribu-pingin-ke-bali-backpacking-aja.html
    big thx!

  62. seru bgt pengalamannya…

  63. mantap bro,,,,ane jg mw coba nih,,,tgl 24 – 31 ,,mohon sarannya bro,,,,
    start dr semarang,,,,

  64. pas natal kira kira berapa ya??maklum aku g ikut ngerayain tapi ikut liburannya😀

  65. belajar dari pengalaman mas nya.. kita semua mau nyoba nih..perjalanan dr bandung-bali.. insya allah lancar tanpa halangan

  66. rencana akhir january sih mau backpacker bandung-malang, tp stelah baca ini jd tergoda ke bali yah😀

  67. dr gilimanuk jam 12 mlm kira2 sudah ada bis yg ke ubung blm?

    ubung-gilimanuk brp jam?

  68. salam kenal..
    klo ada niatan jalan jalan lagi ke lombok gitu ajak ajak dong biar ada teman di tunggu kabarnya ya

  69. ​ºќ (y) ºќ ºќ (y) ºќ.. Bgt euy….mantap, cocok bgt buat gw yang hobbi jln tp nga punya dana banyak….kapan2 klo jln2 lg ajak2 gw donk…hehehe

  70. gan itu blm dimasukin ya yg biaya penginapan ? hehehe
    ane juga ntar pas udh snmptn 2012 dan di terima di universitas dan jurusan yang ane pilih ane mau k sana jga gan .
    thanks ya gan infonya

  71. perjalanan yang mengesankan…..

  72. wow…..
    seruuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!

  73. keren booooooooooossssssss.,
    aq ibln lg mau ngikuti jejak mu okeey.,

  74. Gan, saya mau backpacking ke Singapura nih,, ada info ga? Saya request friend di FB ga diterima, lama ga buka ya? Saya interested bgt sama jalan jalan soalnya

  75. Notes From The Toilet Paper

    Itu berapa hari ya mas?

    Mau nyobain tapi sambil nyesuain jadwal kerja..hehe..

    maklum harus bener2 atur cuti :p

  76. kemarin pada tanggal 11-17 saya juga melakukan backpacker ke Bali sendirian mas…

    ya mendapat banyak banget pengalaman betapa indah dan kerasnya di kota dan tempat wisata yang satu ini…

    paling ga bisa dilupain bener” itu pas di terminal ubung yoo…
    bener” dikuras semua isi kantong dan dompet penumpang satu bis itu buat bayar ongkosnya.. -_-”

    tapi tetep aj hal itu tertutupi dengan pengalaman melihat sunset di kuta dan Jimbaran,sunrise di sanur, pemandangan di GWK & dreamland…
    pokoknya “sesuatu” banget dah klo kata syahrono… 😀

  77. Ke bali…. kalau cewek sendirian ke bali ala backpacker gimana yach?.. Pengen nyoba nih..

  78. nice bgt mas… saya backpak amatir ne, insya Allah bakal ke Bali jg, amiinn..
    mo nanya mas, klo brgktnya dr jkt tuh rute’a gimana ya mas?

  79. kerennn mas!!! losmen di kuta 50ribu irit skali…. mas

  80. SERUUUUU!! Habis UAN langsung capcus hahaha
    Tapi aku sama temen temen tu cewek semua mas. Kira-kira masalah keamanan gimana ya? Agak ngeri juga tu ada preman pake bawa senjata jugaaa :s

  81. kerenddd,,,,bisa bwd pnduan yg mw backpackeran ke bali,,
    rencana bsog ma cowQ mw kesana,,:D

  82. keren bgt,,,,gw jg mo backpackeran be2 sama temen gw.masi lama sih,bln oktober.tapi ga se-ekstrim lo sih…hehehe. rencana nya naik pesawat yg tiketnya murah. thanks ud share pengalaman nya, buat panduan ntar dsna, maklum…gw masih amatiran🙂

  83. ingin. kalo sama belanja belanja bisa 500rb ga ya?

  84. mas aku mau nanya, moga aja bisa di jawab langsung.. kira” kalo dari jakarta ke bali, backpackers kaya mas gini, bisa ga yah modalnya 500rb juga? dari jakarta juga naik kereta sih.. makasih yah mas..🙂

  85. ajakan long trip sempu bromo bali lombok 31 mei s/d 11 juni 2012 cuma Rp1.500.000,- all in http://hijaudaun7.blogspot.com/2012/05/ajakan-long-trip-sempu-bromo-bali.html

  86. inspiratif banget gan , kaasih jempol deh , BALI SEKALIGUS YOGYA wew , pengalaman yg tak terlupakan pastinya , nanti gw pasti bakal kurang dari 450rb deh wkwkk

  87. Keren bgt.. aq rencana mw ke Bali dr jkt juli minggu ke 2 ini.. for the first time.. mo ngajak tmen tapi blom pastii…doain ya sukses…:) da yg mw ikutan??

    • wisata dgn media backpacker memang mengesankan dan hrs hemat dgn meminimalisasikan budget kita ke tujuan yg kita inginkan. ada backpacker super hemat, hemat, hemat terpaksa..itu semua kembali kpd backpacker masing2, slh satunya ane, dr th 90 wkt msh SMA yg skrg SMU sering backpackeran..inginnya hemat selama perjalanan tp kalo bg para backpacker yg perokok berat..seperti ane, susah untk super2 hemat d dlm perjalanan, karena bs menghabiskan 2 bungkus rokok dlm 1 hari..sebab itu smua tergantung pribadi anda sendiri yg ingin backpackeran. yang jelas jangan bw uang pas2an lah, d lebihin sedikit untk kenyamanan backpacker2 jg..bravo backpacker

  88. ada tips lain engga mas supaya meminimalisir kejadian pepet-pepetan di terminal ubung?

  89. kalo ada yang mau ke bali dan butuh hotel serat akomodasi lainnya bisa hub saya di ym erny_susyanti89

  90. sisca qm bisa hub aq kalo qm butuh hotel dan akoodasi lainnya

  91. :: Amazing trip, Kebtulan gua Udah domisili dJogjakarta sieh Yah kuliah yg belum Kelar nieh jadi mungkin bisa lebih murah yah, Rencana kebali seminggu bies lebaran dsana gua juga ada temen so buat penginapan gua juga udah santei….Untuk perjalanan sama dr lempuyangn banyuwangi dsts,,,Kalo mau join soalnya Gua juga dr jogja sendirian soalnye temen waiting me dbali….kalo mau lets make planing,,,join dfb Ku maulana_rega30@yahoo.com…..kalo loe k jogja juga gua bisa bantu loe semua deh lagian kost gua juga deket malioboro Only Man yawh tapi low cewe ada juga ntr gua cariin temen gua yg cewe or cewe gua or gua cariin kost yg murah.

    tx inspirasinya jadi semangat dan penegn cepet2 k bali…Im Backpacker And How about you ?

  92. Murah banget kurang dari 500rb dah bisa ke bali

  93. Salam kenal dari Bali….. Numpang baca2

  94. kalau yang jalan cewe kerudung masi safe ga ya? rencana sama temen cewe berdua kesana. thanks alot gan. ^_^

  95. thx artikelnya.. sya jg uda ke bali,, tp habis 3 juta.. ya iyalah honeymoon

  96. tanggal 18 desember kesana nih sama banget perjalanannya kaya gini semoga saja sukses. bener bener dah inspirasi buat pelajar wkwkw mau ke bali gaperlu mahal wkwkwk

  97. saya juga mau kebali, insyaaallah, bulan desembe tahun depan, bawa bekal 1 juta cukup gag ya?

  98. http://varput.wordpress.com/2012/11/16/supertrip-data-kerusakan/

    saya tigaratus ribuan oom (jogja – bali, pulang pergi), tapi ga mampir GWK dan belum termasuk oleh-oleh

  99. Hwaaa keren kakaaak!
    Aku juga mau bp ke Bali dari Bandung!😀
    Kira-kira kalo skrg2 harganya masih sama ga ya?

  100. weis mantap abis, kemauan yang keras dan kenyakinan kepada tuhan yang kuat serta percaya diri, pasti akan diberikan lindungan dalam perjalanan. sukses bro…… “aku pasti bisa”

  101. awasome ,, great story😀

  102. itu kan pengeluaran nya kurang dari 500rbu kan ya? Tp pas brgkt, mas bwa duit berapa?

  103. Mantapp!! ^^

  104. wah gue juga rencana mau backpacker ke bali,..tp kira2 biaya naik tajam g ya???soalnya ditulisnya artikel udah 3 th lalu,..

  105. That is a good tip particularly to those new to the blogosphere.
    Simple but very precise information… Appreciate your sharing
    this one. A must read post!

  106. gpp, insya Allah tdk terjadi apa2, kalo anda muslim slama d dlm perjalanan jgn lupa zikrullah..

  107. wuidihhhh keren… baru nemu nih tulisan. dulu aku ke bali gratisan sm rombongan. mungkin ini bisa jd acuan untuk backpacker ke sana plus lombok. aamiin
    nice info&story…
    salam

  108. Mungkin gak ya ke bali gaya backpacker tapi bawa 2 anak? hahaha….kebayang ribetnya

  109. saya yang sudah 18 tahun di bali saja belum pernah keliling bali seperti itu.😀 Referensi yang bagus. (y)

  110. wah kalau cewek jalan sendiri ke bali, kayak nya bahaya di terminalnya,,
    agustus mo try ke bali,,

  111. Keren… Nyontek ahhhh 500rb ke Bali 2 hari…
    Mas, Foto Profilnya tu di take dimana???
    #penasaran #pakebanget
    Hihihi

  112. kapa nih kesana lagi ? saya ikut

  113. Kuat nih mental saya untuk jadi the next gembel bali setelah baca adventure ke bali ala backpacker😀 pas berangkat bawa uang brp gan?

  114. infonya sangat menarik nich, kalo bisa dikupas tuntas juga dong tips bagi yg mau backpacker sendirian.😀

  115. infonya sangat menarik nich, kalo bisa dikupas tuntas juga dong, tips bagi yg mau backpacker sendirian.😀

  116. mantap bro.
    trmksi banget atas informasiny..
    jadi nekat banget ni pengen ke bali dengan biaya minim..
    heheh

  117. keren…mantapppp banget….jadi pengen juga jadi backpaker😀

  118. Mantaaaps ini….
    Jadi gak sbar mau ke Bali…
    BTW, horror juga ya gan diserang preman terminal haha .

  119. aaiiih bang… mantap bgt liburannya…

  120. jadi kangen bali lagiii >,<

  121. Cerita lu keren banget..jempol dah…gw jadi pengen kalahan rekor nya…:D

  122. Ping-balik: Flashpacking ke Bali (Agustus 2013) : Bagian 8 | SkyNawa Press

  123. inspiratif dan baru baca , keren gan… kapan bisa hidup dilepas gitu:/ haha

  124. kalo sekarang gamungkin bisa ya modal 500rb haha

  125. Beeeehh,,,,, Kereeeen inii infonyaaaa,,,,,
    Bisa di coba nanti,,, kalo pake travel 600 itu buat ongkos aja.
    Backpacker ae wes,,, murah dan pasti serunya,,, hahahahah
    *salam😉

  126. kalo sekarang mungkin 500 ribu masih bisa, tapi tidurnya numpang hehehee

  127. Ping-balik: backpacking ke Bali kurang dari 500rb? Bisa kok..!!! | idchvia's Blog

  128. Penasaran nih jadi pengen coba, lagi nunggu waktu yang kosong nih, pengen lepas sejenak dari kerjaan… hahaha

  129. kereeennn, saya pengen ngetrip sendirian ke bali, wat cewek aman gak yah??????

  130. wawwww pengin nih mas…heheheh gak nyangka loh bisa under 500k

  131. mantap gaan… semoga kita bisa leksas menyusul.. dan siap berbagi pengalaman.. Salam backpacker..🙂

  132. saya rencana sama teman2 dan murid mau ke bali sekitar bulan juli. kemungkinan orang yang berangkat ada 25-30 orang nih. budget yang mas berikan itu 500rb untuk 8hr kah? dari bandung kembali ke bandung lagi? hanya 500rb?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s