My Beautiful Ramadhan Gift- journey to be an 66 ACI adventurer

ramadhan sudah berlalu, namun ada sepenggal cerita dimana ramadhan ini saya harus amat sangat bersyukur (walaupun bersyukur gak hanya pas ramadhan aja kan..?). bersyukur karena begitu banyak nikmat yang Allah berikan, moment indah bersama teman-temang yang sulit diungkapkan dan masih banyak lagi keajaiban-keajaiban yang Allah berikan di Ramadhan tahun ini.

berawal dari banner di media detik.com yang memajang kompetisi yang bertajuk ‘AKU CINTA INDONESIA’ iseng-iseng saya mengirimkan data diri dan daerah wisata mana yang ingin saya tuju kepada panitia. Tidak ada ambisiusitas yang berlebihan, sampai akhirnya saya mendapatkan email dari penitia yang menyatakan bahwa saya lolos 1000 besar. Berbekal sedikit pengetahuan saya mengenai destinasi wisata dalam negeri saya mencoba membuat review singkat tentang Eksotisme Kepulauan Raja Ampat dan membuat sedikit tulisan tentang Bagaimana Cara untuk Menyebarkan Semangat Cinta Indonesia. Pada tahap ini juga saya tidak berangan-angan terlalu jauh, hanya melakukan apa yang saya bisa dan apa yang saya tahu. Namun, siapa sangka tulisan ala kadarnya itu dapat mengantarkan saya menjadi 500 besar calon petualang ACIdetikcom. Menjadi 500 besar memberikan kesempatan untuk saya secara langsung ‘menjual diri’ saya di hadapan panitia dalam sesi wawancara. Hari minggu 22 Agustus 2010 selepas sahur saya berangkat menuju Jakarta. Saya berangkat tanpa beban, saya meyakinkan diri saya bahwa ini bagian dari ikhtiar saya, lakukan yang terbaik dan selebihnya sudah ada Yang Maha Pengatur.

Pagi itu ruangan serbaguna di Lantai 1 Gd Alvdeco Octagon diisi oleh peserta interview dari kawasan Bandung dan Jabodetabek. Saya mengambil antrian pertama dan mendapatkan no 237. Saat itu saya dipasangkan dengan Bang Mormon untuk tahap interview. Sebelum melakukan interview peserta diwajibkan untuk memperkenalkan diri, mengungkapkan motivasi, mengampanyekan diri dan menunjukan ekspresi cinta Indonesia yang kesemuanya didokumentasikan melalui video. Tahap perkenalan sampai dengan kampanye diri sendiri dapat saya lewati dengan baik namun pada saat menunjukan ekspresi, jujur saya bingung apa yang harus saya perbuat. Namun akhirnya tanpa disadari saya berkata:

” Baiklah, untuk menunjukan rasa saya kecintaan saya terhadap negeri ini..saya akan menyanyikan satu bait terakhir dari Lagu rayuan Pulau Kelapa “

Melambai-lambai, nyiur di pantai

Berbisik-bisik, raja kelana

Menyapa pulau, yang indah permai

Tanah airku, Indonesiaaaaa

dan dengan dibubuhi kalimat terakhir “Indonesia tanah airku, aku cinta padamu”

Setelah itu perasaan lega mengalir begitu saja, dan saya pun bersiap untuk diwawancara oleh pihak detik. Pada saat interview entah mengapa semua terasa ringan tanpa beban, saya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dengan singkat, padat dan jelas (bakat jadi Putri Indonesia kayak nya mah :P). Setelah itu saya pun pulang dengan hati yang riang🙂

Beberapa minggu kemudian saat hari pengumuman (tanggal 6 September 2010) saya menunggu telepon dari pihak detik, namun telepon tak kunjung datang dan saya mencoba mengechek di website aci.detik.com ternyata tidak ada nama saya di sana. Kecewa? sedikit..selebihnya biasa saja. Saya yakin ada rencana indah yang sudah Allah susun untuk saya dan saya bertekad tanpa program ACI pun saya akan tetap menjelajahi negeri saya, Indonesia. Sungguh rencana yang Allah siapkan untuk saya luar biasa, setelah hari sebelumnya nama saya tidak tercantum sebagai petualang ACI keesokan harinya pukul 10.25 saya menerima telepon dari detik.com yang menyatakan bahwa saya berhasil menjadi petualang ACI. Setelah menerima telepon saya pun sujud dan tak terasa air mata saya menetes (agak lebay sih..tapi terharu sangat) dan kemudian saya bergegas mengurusi beberapa hal yang harus saya selesaikan sesegera mungkin.

Hari itu pun senyum saya tak pernah lepas, dan bersyukur atas rezeki yang diberikan. Terima kasih Tuhan ku Yang Maha Baik. Alhamdulillah🙂

Sejak hari itu mulut ini tak berhenti berkata

” SULAWESI TENGAAAHH, AKU DATAAANG !!!! “

6 responses to “My Beautiful Ramadhan Gift- journey to be an 66 ACI adventurer

  1. Congratz, sekaligus iri😀

  2. Prikitiw.. hihi..
    Wah, jd ngiler euy..😀

  3. kita, 66 yang beruntung ye,😀

  4. wow..
    keren bro.. semoga perjalanannya menyenangkan.😀
    ditunggu reportnya di blog.😀

Tinggalkan Balasan

