Pulau Komodo, Warisan Dunia untuk Indonesia

Sudah bukan rahasia umum jika Indonesia bagian timur menyimpan sejuta potensi pariwisata. Bukan saja hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang masih “perawan” namun juga merupakan surga bagi pecinta kegiatan bahari khusunya diving. Saya memang sedang tergila-gila dengan kawasan timur Indonesia. Namun biaya yang  yang tidak sedikit untuk mencapai kawasan timur Indonesia, membuat saya harus cukup menikmati keindahannya lewat tulisan-tulisan  ataupun gambar-gambar yang bertebaran di dunia maya. Beruntung saya menemukan website Indonesia.travel yang menyajikan informasi mengenai tempat-tempat pariwisata yang ada di Indonesia.

Gugusan di timur kepulauan Indonesia memang menyimpan pesona yang luar biasa dan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu potensi pariwisata andalan Indonesia. Nusa Tenggara Timur merupakan propinsi yang terdiri dari 3 gugusan pulau besar yaitu Pulau Sumba, Timor dan Flores serta ratusan pulau-pulau kecil yang mengelilingnya.

Panorama Pantai di Nusa Tenggara Timur

Panorama Pantai di Nusa Tenggara Timur

Diantara sekian daya tarik Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo memang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Pulau Komodo sendiri pada tahun 1986 telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Tidak kurang dari 2500 ekor komodo (Varanus komodoensis) hidup disini. Hewan peninggalan zaman purba ini memang memukau siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika akhirnya Pulau Komodo ini ditetapkan sebagai salah satu finalis the new 7 wonders bersama 27 tempat lainnya di seluruh dunia. Namun, penetapan Pulau Komodo sebagai  salah satu finalis 7 keajaiban dunia yang baru  bukan hanya saja didasarkan pada keberadaan komodo yang merupakan satu-satunya hewan peninggalan zaman purba yang ada di dunia tetapi juga karena pulau ini merupakan rumah bagi ratusan biota bawah laut. Berbagai jenis terumbu karang, ikan hiu, penyu hijau dan ratusan jenis ikan kecil dapat ditemukan disini. Bagi para penyelam, Pulau Komodo merupakan salah satu spot diving terbaik selain Raja Ampat yang berada di Papua Barat.

Komodo, Hewan Peninggalan Zaman Purba

Komodo, Hewan Peninggalan Zaman Purba

Alam Bawah Laut Pulau Komodo

Alam Bawah Laut Pulau Komodo

Untuk mewujudkan Pulau Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru, diharapkan partisipasi dari masyarakat Indonesia untuk ikut menyumbangkan suaranya DI SINI. Semoga setelah Borobudur, Indonesia kembali memiliki satu dari tujuh keajaiban dunia.

Saya ingat perkataan seorang sahabat “Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu, maka tuliskanlah!!” Saya berharap suatu saat bisa menginjakan kaki di Dragon Land ini dan menyaksikan secara langsung hewan purba tersebut.

Foto-foto diunggah dari Indonesia.travel

** Follow twitter @indtravel atau Fan page Facebook Indonesia.Travel untuk mengetahui informasi seputar pariwisata Indonesia. Maju terus pariwisata Indonesia !!!

One response to “Pulau Komodo, Warisan Dunia untuk Indonesia

  1. yok….kesana…..barengan biar lebih murah….gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s