Menjelajahi Pulau Tidung bersama Bandar Pulau Tidung

Berenang bersama di areal Jembatan Cinta

Alhamdulillah, menulis ternyata bukan sekedar menyalurkan hobi namun dapat juga menjadi pintu rezeki. Setelah beberapa bulan lalu saya berhasil menjadi finalis ACIdetik.com dan juga menjadi contributing writter untuk sebuah web wisata, kali ini saya mendapat kesempatan mejelajahi Pulau Tidung tentunya dengan cuma-cuma. Adalah Bandar Pulau Tidung, sebuah operator wisata di Pulau Tidung yang memberikan kami (saya dan 3 orang blogger lainnya ; Ale, Peggi, Amri ) pelayanan maksimal selama berada di Pulau Tidung ini.

Kami berempat akhirnya sepakat bertemu di Muara Angke, namun ternyata dalam rombongan kami bertambah 3 orang yang meramaikan perjalanan kami diantaranya Inez teman Ale juga Hendro dan Yani pasangan suami-istri anggota Komunitas Pejalan Odong-Odong Traveller. Pukul 07.00 WIB kapal yang mengangkut kami mulai meninggalkan Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung. Perjalanan yang memakan waktu 3 jam ini kami habiskan dengan bercerita, bermain sambung kata dan tidur tentunya🙂

Pukul 10.00 WIB kami tiba di Pelabuhan Pulau Tidung dan kami langsung disambut Mas Anwar, salah satu staff Bandar Pulau Tidung dan langsung mengantarkan kami menuju penginapan. Sesampainya di penginapan, kami disambut dengan welcome drink kelapa muda yang menyegarkan. Setelah itu kami diberikan waktu bebas sampai dengan solat jumat, Sayapun menggunakan free time ini untuk berkeliling area penginapan dengan menggunakan sepeda yang telah disediakan.

Setelah selesai solat jumat, kami lalu diajak untuk bersnorkeling di pulau payung dan karang beras. Kami diberikan peralatan snorkeling dengan lengkap mulai dari life vest, google snorkel, pipa udara dan finn (kaki katak) sehingga kegiatan snorkeling kami pun terasa aman dan nyaman. Alam bawah laut pulau ini cukup memajakan mata, terumbu karang yang indah menjadi pemandangan  yang cukup menyegarkan. Pulau Tidung ini sekarang sudah cukup dikenal oleh warga Jakarta khususnya dan menjadi alternatif destinasi liburan akhir pekan selain Puncak dan Bandung.

Snorkeling di Pulau Karang Beras

Berjam-jam waktu kami habiskan bersnorkeling kamipun merapat di jembatan cinta (landmark khas Tidung) untuk menikmati panorama Sunset, namun Amri, -yang notabene pernah kesini- menyarakan kami untuk menikmati sunset di pantai paling barat Pulau Tidung, kamipun segera bergegas  menggunakan sepeda untuk mengejar kembalinya Sang Raja Siang ke peraduannya. Benar saja, pemandangan sunset di temapt ini sangat mengagumkan, apalagi saat itu cuaca memang sedang bersahabat. Pemandangan ini tentu saja tidak kami sia-siakan untuk diabadikan dalam lensa kamera.

Menunggu sunset di Pantai Tidung Barat

Jump on sunset background

Perfect sunset

Setelah matahari tenggelam, kami bergegas menuju penginapan untuk membersihkan diri setelah beharian bermandikan peluh dan air laut. Tak lama kemudian kami dipersilahkan untuk menikmati barbeque ikan di pantai sebelah timur Pulau Tidung, kamipun bergegas menuju tempat “pesta” dan kami disambut dengan kehangatan masyarakat Pulau Tidung. Ah, liburan yang menyenangkan !!!

Setelah menyantap ikan bakar dan juga bersenda gurau, kami segera kembali ke penginapan dan beristirahat memulihkan kondisi tubuh.

Keesokan harinya setelah subuh, kami langsung menuju jembatan cinta untuk menikmati sunrise namun sayang cuaca pagi itu kurang bersahabat sehingga terbitnya matahari dihalangi oleh awan yang cukup tebal. Akhirnya kamipun harus puas dengan pemandangan yang seadanya namun itu semua tidak mengurangi kesenangan kami untuk menjelajah pulau ini. Dari Jembatan Cinta kami menuju Pulau Tidung Kecil dan mengeksplore pulau berpasir putih ini.  Pulau ini sebenarnya sangat cantik namun sayang banyak sampah bawaan dari Ibukota yang mengotori pantai cantik ini.Setelah puas mengeksplore dan mengambil gambar di Pulau Tidung Kecil ini, kami segera bergegas kembali ke Jembatan Cinta dan menunggu waktu kepulangan kami dengan berenang di areal pantai yang airnya jernih ini.

Laskar Tidung

Odong-Odong Travellers @ Tidung Kecil

My Fave Pose, Jump @ Tidung Kecil

Pukul 11.00 siang kami bergegas menuju pelabuhan untuk kembali ke Jakarta. Liburan yang menyenangkan dan mengesakna bersama Bandar Pulau Tidung. Terimakasih kepada Bandar Pulau Tidung yang telah memfasilitasi segala keperluan kami selama berada di Pulau Tidung

Last photo before leaving Tidung

** CP Bandar Pulau Tidung (Rommy 0857 1616 9794)

10 responses to “Menjelajahi Pulau Tidung bersama Bandar Pulau Tidung

1. gw segera gw segara nulis

2. aku yo di add pren mas hadi…. di link gitu lho…

heheheeee….
    tinggal amri yang belum nulis *lirik2 gaya mas romy hahahhaaa…

3. Angger maneh mah, jalan2 wae.. haha.
    Milu urang kali2.. :p

4. saya mau tanya donk kang, di tulisan disebutkan soal menjadi finalis ACIdetik.com, yang akhirnya mengantarkan akang tuk bisa lanjut menulis dengan jenjang yang lebih baik (insya allah amin kang), ACIdetik.com tu tentang lomba tulis apa?? jika iya, sekiranya ada info tentang lomba seperti itu kapan lagi yah??

siapa tahu bisa ikut atau bisa berpartisipasi kalo ada event soal backpacking ato travelling yang bisa menghasilkan jg gtu… nuhun kang

• ACI (Aku Cinta Indonesia) sebuah program yang dibuat oleh situs beita detik.com yang memberikan kesempatan kepada 33 team (@team 2 orang) untuk menjelajahi Tiap provinsi di indonesia. jadi kita dipilih dari beribu2 peserta untuk menjadi “citizen journalist” yang berbagi cerita tentang apa yg kita lihat dan rasakan di daerah yang kami kunjungi.
      untuk lebih lanjut silahkan baca jurnal petualangan kami (66 petualang) ACIdetik.com di sini : http://aci.detik.com/

5. Pulau tidung….
    aku pernah sekali nasar di pulau itu.. hehe
    kalo mau tahu, yang bikin gedung serbaguna itu aku letaknya di sebelah kantor kecamatan..