Last Trip on 2010, Situ Gunung !

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jalan-jalan santai ke Situ Gunung ini sebenarnya sudah berlangsung akhir Desember lalu, namun feel untuk menulis report-nya baru muncul sekarang hahahaha *maafkan saya ;P

Trip ini bermula ketika ngobrol santai di Pulau Tidung, Saya dan Amri awalnya hanya ingin berburu kuliner ke Bogor namun ternyata setelah ngobrol ngalor-ngidul akhirnya pembicaraan berujung pada satu tempat yaitu Situ Gunung di Sukabumi. Tiga hari pasca trip gratis ke Pulau Tidung, Saya, Amri,  Peggi dan Coco bertemu di Terminal Kampung Rambutan. Rencananya Gita juga akan bergabung bersama kami namun dia membatalkan keikutsertaannya di menit-menit terakhir. Setelah kami berempat bertemu, kami langsung menaikki bus jurusan Kp Rambutan-Sukabumi. Perjalanan Kampung rambutan-Cisaat ditempuh dalam waktu hampir 5 jam karena perjalanan sempat tersendat di gerbang keluar Ciawi. Akhirnya jam 5 sore kami tiba di Alun-alun Cisaat. Setelah membeli beberapa kebutuhan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju Pos Situ Gunung. Setelah 30 menit perjalanan akhirnya kami sampai juga di Pos Situ Gunung.

Taman wisata Situ Gunung termasuk dalam kawasan cagar alam Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP). Berada tepat di kaki Gung Pangrango, taman wisata ini berada pada ketinggian 850 mdpl. Pada areal seluas sekitar 120 hektar ini terdapat camping ground, air terjun (curug cimanaracun dan curug sawer) dan juga terdapat danau buatan yang dilengkapi aula dan beberapa unit villa bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Taman Wisata Situ Gunung.

Setelah mendaftarkan diri di pos penjaga, kami beristirahat sejenak untuk sekedar mengisi perut dan menonton Final League ke 2 Piala AFF. Setelah pertandingan selesai, kami lantas menuju Danau Situ Gunung (Situ = Danau –> Danau Danau Gunung, haaassh whatever lah). Berjalan sekitar 1,5 km dengan menembus kegelapan hutan TNGP, akhirnya kami sampai di danau. Pada awalnya kami berencana untuk mendirikan tenda disini, namun karena tidak mendapat izin dari petugas jaga (kemping hanya diperbolehkan di areal camping ground) akhirnya kami menggelar lapak dan beristirahat di gazebo di tepi danau.

Pagi menjelang, kami langsung menikmati pagi di Situ Gunung ini, aah..sayang sekali pagi itu cuaca sedang kurang bersahabat, mendung! padahal berdasarkan informasi yang saya dapatkan view terbaik di tempat ini adalah ketika pagi hari saat kabut turun berbarengan dengan cahaya matahari pagi. Tapi walaupun begitu, tidak mengurangi kesenangan kami untuk menikmati pagi disini. Minum teh manis hangat sambil duduk-duduk di jembatan kayu merupakan sesuatu yang luar biasa. Danau ini sekilas tampak seperti danau yang terbentuk secara alamiah namun ternyata danau ini merupakan dananu buatan yang dibangun puluhan tahun yang lalu.

Setelah menikmati keindahan danau, kami segera bergegas untuk melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer. Dari danau, kita berjalan kembali menuju pos pejaga lalu berjalan ke arah utara. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki, lelahnya perjalanan menaiki dan menuruni bukit terbayar ketika melihat keindahan Curug Sawer. Sayapun tak tahan untuk menceburkan diri di aliran sungan dari Curug Sawer. Namun kesenangan itu terhenti sejenak ketika hujan turun. Setelah menunggu hujan reda, kami kembali bersenang-senang menikmati air tejun ini.

Puas bermain-main di Curug Sawer, kami langsung menuju Cisaat untuk kembali menuju Jakarta. Sesampainya di Cisaat, kami singgah dulu di Masjid Agung Cisaat untuk sekedar membersihkan diri dan hati (heheheh). Tak lupa memenuhi kewajiban untuk mengisi perut dengan masakan khas sunda yang berjejer di samping masjid agung.

Setelah makan, kami langsug menuju Jakarta dengan menggunakan bus. Perjalanan yang menyenangkan untuk menutup tahun 2010.

4 responses to “Last Trip on 2010, Situ Gunung !

1. udah nggak di bandung lu dha?

2. ngapain lu di jakarta? udah kerja?

3. Rumah gw di daerah Gunung Putri yang ga jauh dari situ gunung, tapi sampai saat ini belum pernah gw ke situ gunung. Malu juga gw baca tulisan ini, karena gw gatau apa-apa dengan tempat yang ga jauh dari rumah gw.